sign up SIGN UP search

menyusui

7 Tips Menyusui saat Kumpul Keluarga, Bikin Bunda Tetap Nyaman dan Tak Canggung

vania dinda   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 15:54 WIB
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. caption
Jakarta -

Saat berada di rumah, Bunda mungkin tidak akan berpikir dua kali untuk melepas bra untuk menyusui Si Kecil. Tetapi saat berada di luar rumah mungkin Bunda akan tidak akan nyaman untuk melepas bra di depan banyak orang seperti di depan anggota keluarga.

Hingga kini, menyusui di tempat umum memang belum merupakan aktivitas yang nyaman untuk para busui. Meski begitu, biasanya busui akan memberikan ASI di beberapa tempat khusus menyusui tau nursery room.

Tips menyusui Si Kecil saat kumpul keluarga

Namun, bagaimana bila Bunda sedang menghadiri arisan atau kumpul bersama keluarga dan Si Kecil meminta menyusu? Simak tips berikut ini ya seperti dikutip dari Romper:


1. Buat diri Bunda merasa nyaman

Penting untuk membuat diri Bunda merasa nyaman saat menyusui meskipun saat berada di sekitar orang lain. Jika lebih menyukai privasi, Bunda bisa mencari ruangan lain yang terpisah seperti kamar tidur atau kamar kosong untuk menyusui Si Kecil. Jika tidak ada ruangan pribadi, Bunda dapat menggunakan penutup seperti selimut dan apron. 

2. Minta seseorang untuk mendampingi 

Saat membawa bayi baru ke dalam acara keluarga, Bunda bisa meminta Ayah atau anggota keluarga lain untuk mendampingi sehingga Bunda merasa terbantu saat menyusui Si Kecil. Ayah atau saudara bisa membantu menggendong atau menyendawakan Si Kecil.

3. Membawa botol susu  

Jika memang kondisi saat kumpul keluarga benar-benar tidak memungkinkan untuk menyusui, Bunda bisa menyiasatinya dengan membawa botol susu beserta pompa ASI. Sehingga Si Kecil bisa menyusu dari botol dan Bunda juga tak perlu segan menyusui di depan banyak orang.

4. Memberikan pengertian kepada teman/saudara laki-laki

Saat berada di situasi yang mengharuskan Bunda menyusui Si Kecil tetapi terdapat saudara laki-laki, cobalah untuk tetap tenang dan tidak bingung. Langkah pertama yang harus dilakukan sebaiknya memberi tahu mereka seperti bahwa Bunda akan menyusui karena Si Kecil mulai lapar.

Mereka akan dengan sendirinya akan memahami atau pergi ke ruangan terpisah. “Jika seorang ibu merasa tidak nyaman di depan kerabat laki-laki, saran yang saya berikan adalah memberi tahu mereka saja,” ungkap Jenna Katt, spesialis laktasi. 

Bunda, yuk klik halaman berikutnya untuk tahu tips menyusui bayi saat kumpul keluarga.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips menyusui saat berada di tempat umum:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI SAAT KUMPUL KELUARGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!