sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Mampu Bakar 500 Kalori per Hari, Bunda Bisa Cepat Langsing Nih

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 22 Oct 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui memiliki manfaat yang sangat banyak bagi bayi dan ibu. Bahkan menyusui dapat membantu menurunkan berat badan lho Bunda. Berapa kalori ya yang bisa dibakar karena menyusui?

Melansir laman Romper, menyusui adalah cara yang bisa membantu bayi mendapatkan nutrisi. “ASI penuh dengan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam enam bulan pertama dan terus meningkatkan pertumbuhan dan kekebalan hingga usia balita,” kata konsultan laktasi Leigh Anne O'Connor, IBCLC, LCCE.

Berapa banyak kalori yang dibakar saat menyusui?

Melansir laman Parents, sebenarnya tidak ada jawaban sederhana terkait seberapa banyak kalori yang bisa dibakar saat menyusui karena itu tergantung tubuh masing-masing. "Menyusui eksklusif biasanya membakar sekitar 500-700 kalori per hari, lebih sedikit jika menyusui sebagian," kata Kecia Gaither, MD, yang bersertifikat ganda di OB-GYN dan Maternal Fetal Medicine.


Tubuh akan sangat sibuk memproduksi ASI untuk Si Kecil sehingga akan membutuhkan lebih banyak energi dalam bentuk kalori. Andrea Tran, RN, IBCLC, seorang perawat terdaftar dan konsultan laktasi juga menjelaskan, menyusui dapat membakar rata-rata 500 kalori sehari.

Pasokan susu rata-rata adalah 30 ons sehari. Itu akan membuat rata-rata 17 kalori yang terbakar per ons susu yang dibuat. Jumlah kalori yang Bunda bakar per sesi menyusui akan bergantung pada seberapa banyak bayi menyusu.

Untuk gambaran tentang bagaimana pengurangan 500 kalori tersebut berpotensi memengaruhi diet, Bunda harus tahu berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi setiap hari. Memang tidak ada angka spesifik yang menunjukkan berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi, tapi seorang wanita harus mengonsumsi antara 1.800-2.400 kalori setiap hari.

“Salah satu bonus menyusui adalah Anda bisa mendapatkan lebih banyak kalori dan tetap menurunkan berat badan,” kata O'Connor. Jika seorang wanita menyusui dan dikombinasikan dengan diet sehat, pembatasan kalori serta berolahraga, bisa mengurangi kalori antara 1-2 pon per minggu, Bunda. Namun, terdapat faktor genetik dan metabolisme yang bisa memengaruhi angka kalori tersebut.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu penjelasan lebih lanjut mengenai apakah benar menyusui bisa membantu menurunkan berat badan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang alasan ASI eksklusif bisa bikin anak cerdas menurut dokter.

[Gambas:Video Haibunda]



MENYUSUI DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!