sign up SIGN UP search

menyusui

Trik Atur Jadwal Pumping agar ASI Banyak, Yuk Konsisten Bun!

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 08 Oct 2022 11:10 WIB
Pumping caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, mendapat ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan adalah hak anak yang perlu dipenuhi. Walau demikian, dalam perjalanannya, pasti ada saja kendala yang dihadapi. Salah satunya kurangnya suplai ASI.

Menurut Donna Murray, BSN, ada banyak situasi saat Bunda mungkin perlu meningkatkan suplai ASI dengan memompa. Ini termasuk:

  • Pasokan ASI rendah: Banyak hal yang dapat menyebabkan suplai ASI rendah.
  • Mulai terlambat untuk menyusui: Jika bayi Bunda lahir prematur atau memerlukan perawatan khusus di unit perawatan intensif neonatal (NICU) karena alasan lain, Bunda mungkin harus dipisahkan dari bayi setelah melahirkan. Pemompaan memungkinkan Bunda untuk mulai meningkatkan pasokan ASI Bunda sampai Bunda dapat menempatkan bayi ke payudara.
  • Pemisahan: Jika Bunda perlu jauh dari bayi selama beberapa hari atau lebih, Bunda harus memompa untuk menjaga suplai ASI Bunda sampai Bunda dapat menyusui lagi.
  • Relaktasi: Jika Bunda berhenti menyusui dan kemudian memutuskan untuk mulai menyusui lagi, pemompaan dapat membantu Bunda membangun kembali suplai ASI Bunda.
  • Kembali bekerja atau sekolah: Saat waktunya kembali bekerja atau sekolah, Bunda tidak harus berhenti menyusui. Bunda bisa menyusui di pagi hari dan lagi di malam hari. Pada siang hari, pompa untuk menjaga suplai ASI Bunda. Demikian dikutip dari Very Well Family.

Nah, bagaimana cara meningkatkan suplai ASI?


Jadwal pumping agar ASI banyak

Cara nomor satu untuk meningkatkan suplai ASI Bunda saat memompa adalah dengan meningkatkan seberapa sering Bunda memompa. Power pumping adalah teknik memompa setiap lima menit untuk memberikan stimulasi berulang pada payudara.

Saat payudara penuh, tubuh mendapat sinyal untuk berhenti memproduksi ASI. Payudara kosong memicu produksi ASI, jadi semakin banyak Bunda mengosongkan payudara, semakin banyak ASI yang akan Bunda hasilkan.

Power pumping mungkin tidak praktis untuk lingkungan kerja, tetapi Bunda dapat mencoba power pumping di rumah atau selama akhir pekan. Cobalah beberapa sesi power pumping sampai Bunda melihat peningkatan yang nyata dalam pasokan. Dan ingatlah untuk tetap terhidrasi saat Bunda menyusui atau memompa.

Kapan power pumping sebaiknya dilakukan? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 trik jitu pumping agar ASI banyak.

[Gambas:Video Haibunda]



POWER PUMPING & CONTOH JADWAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!