sign up SIGN UP search


menyusui

Beragam Penyebab Payudara Terasa Nyeri saat Menyusui, Termasuk Fluktuasi Hormon

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 16 Oct 2022 07:10 WIB
Newly mother breastfeeding her newborn baby boy while in pain caption
Jakarta -

Mengapa payudara terasa nyeri saat menyusui ya, Bunda? Padahal, ASI-nya lancar banget. Yuk, cari tahu apa sih, yang menyebabkan payudara terasa nyeri.

Dari nyeri yang tumpul hingga terasa seperti menusuk yang tajam, nyeri pada payudara memang bisa disebabkan berbagai alasan. Bagi banyak wanita, segudang rasa sakit dan nyeri pada payudara merupakan hasil dari fluktuasi hormon yang normal dan sehat terutama dalam kaitannya dengan siklus menstruasi.

"Nyeri paling umum memang dikarenakan siklus period wanita. Ketika hormon seperti estrogen dan progesteron memuncak,"kata Karthik Ghosh, MD, Director of The Breast Clinic di Rochester, seperti dikutip dari laman Time.


Payudara terasa sakit saat menyusui

Ya, sedianya dengan meningkatnya kadar estrogen memang dapat merangsang saluran susu payudara. Sementara, peningkatan progesteron juga berefek sama pada kelenjar susu wanita. Keduanya dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit. Progesteron menyebabkan juga adanya retensi cairan yang dapat menyebabkan perasaan berat atau nyeri.

Kemudian, fase menyusui juga kerap menimbulkan payudara terasa nyeri. Ini karena saluran susu kerap tersumbat dan dapat berisiko infeksi. Kondisi menyakitkan ini disebut mastitis. Dalam kondisi ini memang perlu segera diobati dengan antibiotik sehingga nyeri pada payudara dapat mereda.

Tak hanya itu, menyusui juga dapat menyebabkan nyeri payudara saat bayi menempel ketika menyusu. Ini mungkin terasa seperti cubitan yang tajam. Dan, hal tersebut juga dapat menyebabkan puting pecah-pecah dan berdarah. Guna meredakan nyeri tersebut, memang tak cukup dibiarkan saja ya, Bunda. Penggunaan salep di atas puting dapat membantu meredakannya sebelum menyusui kembali dimulai.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang

https://qrco.de/haibunda

MENGAPA PAYUDARA TERASA NYERI SAAT MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!