sign up SIGN UP search


menyusui

3 Saran Pilih Salep Puting Lecet Ibu Menyusui, Pertimbangkan Aroma dan Rasa

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 11:26 WIB
Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living room caption

Jakarta - Puting lecet tentunya bisa menghambat proses menyusui. Tak jarang, para Bunda memilih salep untuk meredakan puting lecet. Nah, kira-kira seperti apa yang aman untuk Bunda dan juga bayi ya?

Bagi banyak ibu menyusui, intensitas menyusui menjadi momen menakjubkan. Meskipun demikian, menyusui khususnya pada beberapa minggu pertama mungkin bisa terasa menyakitkan. Lidah bayi yang kasar dan pelekatan yang masih salah bisa membuat puting lecet.

Tak jarang, gangguan payudara nyeri, bengkak, hingga puting lecet menjadi risiko yang muncul bagi ibu baru. Rasanya tentu tidak nyaman ya, Bunda, dengan kondisi tersebut. Apalagi, proses menyusui harus terus berjalan.


Dalam kondisi ini, tak sedikit ibu menyusui yang mengandalkan salep untuk puting lecet ibu menyusui. Hal ini sah-sah saja kok, Bunda. Apalagi, salep untuk puting lecet ibu menyusui diketahui dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit di sekitar puting.

Banner Cerita Fabel Sederhana

Karena, menyusui memang berisiko menimbulkan keretakan di area puting, luka gatal, dan bahkan berdarah di minggu-minggu awal saat tubuh mulai beradaptasi untuk memberikan makan bayi. Sehingga, kenyamanan sangatlah penting ya, Bunda.

Bahkan, beberapa ibu hamil bahkan menggunakan salep untuk puting lecet sebelum bayi mereka lahir. Jika Bunda mengalami kulit kering atau gatal pada payudara selama kehamilan, salep puting memang dapat membantu kulit terasa lembab dan sehat.

Plus, beberapa salep puting untuk ibu menyusui memang berfungsi ganda sebagai lip balm atau pelembab kulit. Sehingga, Bunda dapat memanfaatkannya untuk melembabkan puting juga meski belum menyusui rutin.

Nah, saat mempertimbangkan memilih salep untuk puting lecet ibu menyusui, hal yang paling penting dipikirkan ialah memilih mana salep yang paling cocok.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi lebih lengkap.

Bunda, simak juga cara mencegah puting lecet dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERTIMBANGKAN BAHAN, AROMA HINGGA RASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!