sign up SIGN UP search


menyusui

8 Penyebab Payudara Sakit saat Menyusui, Bisa juga Karena Busui Kurang Pede

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 22 Aug 2022 07:10 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Rasa sakit atau nyeri pada payudara saat menyusui merupakan suatu kondisi yang biasa dialami oleh ibu setelah melahirkan. Terkadang, sebenarnya tidak ada masalah mengenai kesehatan dari diri ibu itu sendiri.

Namun, bisa saja karena stres atau rasa tidak percaya diri yang membuat proses menyusui terjadi efek samping, seperti rasa nyeri dan sakit.

Selain itu, terdapat beberapa penyebab umum lainnya yang dapat menyebabkan payudara sakit saat menyusui. Berikut simak di bawah ini.


Banner Babypedia

Penyebab payudara sakit saat menyusui

Ada beberapa penyebab payudara sakit saat Bunda tengah menyusui, ketahui apa saja yuk:

1. Produksi ASI terlalu banyak

Meningkatnya produksi ASI pada payudara dapat menyebabkan rasa sakit. Rasa nyeri atau sakit ini biasanya perlahan akan menghilang ketika payudara sudah dapat menyesuaikan produksi ASI sesuai kebutuhan asupan Si Kecil. Umumnya, rasa sakit akan hilang dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan pertama menyusui.

2. Tongue-Tie

Tongue-tie merupakan kelainan bawaan pada mulut bayi yang bisa menyebabkan tidak leluasanya bayi dalam menggerakkan lidah. Kondisi ini membuat bayi tidak dapat mengisap payudara dengan baik, yang dapat mengakibatkan muncul rasa nyeri pada payudara saat menyusui.

3. Payudara bengkak

Umumnya, kondisi ini dapat terjadi karena payudara terlalu banyak memproduksi ASI dan menumpuk. Penumpukan ASI ini tentu dapat menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara. Apabila tidak diatasi dengan tepat, dapat membuat pembengkakan berlanjut menjadi mastitis atau abses payudara.

4. Dermatitis atau eksim

Dermatitis merupakan kondisi peradangan pada kulit yang menimbulkan ruam kemerahan serta kulit yang terasa gatal. Rasa nyeri atau sakit pada payudara saat menyusui bisa disebabkan dari puting susu sedang mengalami dermatitis atau eksim. Kondisi ini biasanya dapat disebabkan penggunaan krim, sabun, krim, atau terkena kaporit saat berenang.

5. Infeksi jamur

Infeksi jamur dapat menjadi salah satu penyebab dari rasa sakit atau nyeri pada payudara saat menyusui. Infeksi ini biasanya ditularkan dari mulut bayi yang mengalami sariawan akibat infeksi jamur. Apabila kondisi ini sudah terjadi, maka sebaiknya ibu dan bayi segera diperiksa oleh dokter agar mendapatkan pengobatan.

6. Mastitis

Mastitis merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan pada jaringan payudara. Umumnya, mastitis cukup sering dialami oleh ibu menyusui. Peradangan pada payudara dapat menyebabkan payudara terasa nyeri, sakit, bengkak, dan kemerahan.

7. Bayi tumbuh gigi

Apabila bayi sudah mulai tumbuh gigi, gusinya akan menjadi lunak dan terasa nyeri, sehingga bayi akan menggigit puting ibu. Hal tersebut yang dapat membuat puting ibu menjadi luka dan nyeri.

8. Penggunaan bra yang tidak tepat

Penggunaan bra yang terlalu ketat, dapat membuat payudara tertekan, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada ibu menyusui dan menimbulkan rasa nyeri. Hal ini dapat diperparah, jika bra memiliki bantalan yang tidak terbuat dari bahan lembut.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tantangan yang dialami Bunda pejuang ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!