sign up SIGN UP search


menyusui

4 Kesalahan Menyusui yang Bisa Bikin Bunda Stres, Hindari dan Atasi Yuk

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 28 Oct 2022 14:25 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bagi sebagian Bunda, mungkin menyusui itu hal mudah, tapi sebagian lainnya mungkin tidak. Setiap bayi pun memiliki cara dan gaya menyusui yang unik.

Selain merupakan masa terpenting dalam perkembangan bayi baru lahir, menyusui juga memiliki banyak tantangan ya Bunda. Namun, semua itu setimpal dengan hasilnya yakni mampu memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang Si Kecil.

5 Kesalahan umum menyusui

Akan tetapi, patut diakui beberapa tantangan dan hambatan dalam masa menyusui bisa membuat ibu menyusui merasa stres. Nah, agar busui terhindar dari stres yuk ketahui 5 kesalahan umum saat menyusui dan cara mengatasinya.


1. Tidak meminta bantuan

Mungkin beberapa Bunda mengatakan, bahwa menyusui adalah hal yang mudah, alami, dan naluriah. Tapi, sebagian Bunda lainnya mungkin menganggap itu sulit, bahkan bisa membuat stres dan rumit.

Jika mengalami kesulitan dalam menyusui, tidak jarang Bunda yang memilih untuk memendamnya sendiri. Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan berulang-ulang. Padahal dengan tidak meminta bantuan, malah akan memperburuk situasi.

Untuk mengatasi kesulitan yang ada, Bunda bisa meminta bantuan kepada teman atau keluarga agar mendapatkan tips. Mereka mungkin dapat membantu dengan pengalaman yang pernah dirasakan.

2. Menahan sakit 

Banyak dari Bunda mungkin berpikir bahwa rasa sakit yang dialami itu normal. Sebenarnya, merasa sakit dan tidak nyaman pada awal menyusui memanglah normal, tapi jika rasa sakit itu terus berlanjut, ini perlu diwaspadai.

Bunda harus tahu, bahwa menyusui itu tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi, jika terasa sakit, mungkin itu adalah akibat dari pelekatan yang buruk, pembengkakan payudara, dan posisi menyusui yang salah atau ikatan lidah.

Pembengkakan ini terjadi karena ASI telah memenuhi payudara pada akhir minggu pertama. Bunda yang mengalaminya akan merasakan nyeri payudara dan bisa menyulitkan Si Kecil untuk menempel pada payudara.

Fase awal pembengkakan biasanya berlangsung beberapa hari atau minggu karena suplai ASI disesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil. Melansir laman Verywellfamily, untuk mengatasinya, coba Bunda lakukan beberapa hal berikut.

  • Sering menyusui, setidaknya 8 - 12 kali sehari.
  • Pastikan menemukan posisi menyusui yang tepat karena dapat membantu Si Kecil menyusu lebih efisien dan mengeluarkan lebih banyak ASI.
  • Jika Si Kecil tidak menyusui dengan baik, gunakan pompa ASI atau tangan untuk mengeluarkan lebih banyak ASI dan mengurangi rasa sakit.
  • Keluarkan sedikit ASI sebelum mulai menyusui untuk melembutkan jaringan payudara dan membuatnya sedikit lebih mudah bagi Si Kecil untuk menyusu.
  • Kompres hangat dan dingin secara bergantian untuk membantu meredakan nyeri.
  • Pijat payudara dengan lembut.
  • Biarkan air hangat mengalir di atas payudara saat mandi.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang tiga kesalahan menyusui lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 alat bantu menyusui untuk Bunda dengan puting tenggelam.

[Gambas:Video Haibunda]



KESALAHAN SAAT MENYUSUI YANG BISA BIKIN BUNDA STRES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!