sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Pergelangan Tangan Sakit pada Ibu Menyusui, Ketahui juga Cara Mencegahnya

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 31 Oct 2022 14:45 WIB
Nyeri Tangan Ibu Hamil caption
Jakarta -

Selama menyusui, banyak Bunda mungkin mengalami rasa pegal di beberapa bagian tubuh termasuk nyeri pada pergelangan tangan. Terkadang ini terjadi sangat parah sehingga membuat tubuh tak nyaman saat menyusui Si Kecil.

Pergelangan tangan sakit pada ibu menyusui biasanya disebabkan oleh upaya Bunda menahan berat badan Si Kecil dengan tangan, pergelangan tangan atau lengan bawah setiap kali menyusui.

“Seorang bayi kemungkinan akan menyusu hingga 12 kali sehari, dengan setiap sesi berlangsung selama 20 hingga 40 menit, sehingga Anda dapat melihat bahwa dalam beberapa posisi itu dapat memberikan banyak tekanan pada lengan ibu,” kata Teresa Pitman, pemimpin La Leche League dikutip pada laman Todaysparent.


Pergelangan tangan sakit pada ibu menyusui

Terdapat spektrum cedera regangan berulang (RSI) terkait dengan menyusui yang bisa memengaruhi pergelangan tangan, ibu jari, jari, dan bahkan lengan bawah dan siku. Ada juga sindrom lain, seperti tenosinovitis De Quervain.

Tenosinovitis De Quervain merupakan kondisi tendon dari ibu jari ke pergelangan tangan menjadi meradang dan bergesekan dengan ‘terowongan’ yang membungkusnya.

Sehingga hal itu menimbulkan sensasi ketidaknyamanan ringan hingga parah di sisi ibu jari dan pergelangan tangan. Beberapa tandanya adalah nyeri atau bengkak pada sisi ibu jari, sisi belakang pergelangan tangan, nyeri saat mengepalkan tangan, dan nyeri saat memegang sesuatu atau memutar pergelangan tangan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari istirahat hingga mengonsumsi obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi seperti ibuprofen. Terkadang juga direkomendasikan suntikan kortikosteroid.

Namun, dalam kasus yang parah, mungkin saja terjadi pembedahan jika diperlukan. Menurut Pitman, rasa sakit sering terjadi saat Bunda terus berasa di posisi cross-cradle. Ini melibatkan penggunaan lengan yang berlawanan dari payudara tempat Si Kecil disusui unruk menahan berat badan Si Kecil.

Posisi tersebut dapat menimbulkan ketegangan pada tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah. Untuk mencegah dan mengurangi nyeri pergelangan tangan, direkomendasikan agar Bunda menggunakan pegangan alternatif.

Penyebab pergelangan tangan sakit 

Faktor penting dari penyebab nyeri ini adalah karena mengangkat Si Kecil berulang-ulang dengan pergelangan tangan melorot ke tanah. Perlu diketahui, bahwa dua tendon di sisi pergelangan tangan bertanggung jawab untuk menggerakkan ibu jari.

Jika ini membengkak karena adanya gerakan pengangkatan yang tidak tepat, ini akan meregang di atas tulang pergelangan tangan. Sehingga menyebabkan rasa sakit.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang tips lain mengatasi tangan pegal saat menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 penyebab mual saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



MENCEGAH PERGELANGAN TANGAN SAKIT SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!