sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Ibu Menyusui Cepat Lelah? Simak juga Cara agar Tetap Berenergi

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 02 Nov 2022 07:10 WIB
Happy mom and baby with a breastfeeding together in bedroom. caption
Jakarta -

Menjadi orang tua bukanlah tugas mudah, terutama saat Bunda tengah menjalani masa menyusui. Pada fase tersebut, mungkin Bunda jadi lebih sering mengantuk daripada biasanya. Hal itu terjadi tentu karena selama menyusui, Bunda menjadi sumber utama makanan untuk Si Kecil.

Terutama setelah bayi lahir, Bunda tentu harus selalu siap menyusui kapan saja saat Si Kecil lapar dan ini kerap kali melelahkan. Namun, ternyata ada faktor lain yang berperan menimbulkan rasa kantuk itu, yaitu hormon.

Penyebab ibu menyusui cepat lelah 

Banyak Bunda yang merasakan kantuk, hampir tertidur saat menyusui. Ternyata, menyusui memang bisa membuat mengantuk. Sebab setelah melahirkan Si Kecil dan plasenta, tubuh memicu pelepasan hormon yang disebut prolaktin.


Prolaktin ini berperan dalam pengeluaran ASI yang merupakan reaksi alami otomatis yang memberikan sinyal pada tubuh untuk membuat ASI. Ini berguna untuk membantu dan mempertahankan suplai ASI. Tapi, juga bisa menyebabkan kantuk.

“Prolaktin tampaknya membuat ibu merasa rileks dan mengantuk, jadi dia biasanya beristirahat dengan baik bahkan jika dia menyusui di malam hari,” kata Jessica Shepherd, MD, OB-GYN dan mitra Happy V, dikutip dalam Romper.

Apa penyebab kelelahan saat menyusui?

Melansir laman Parenting, terdapat beberapa penyebab mengapa menyusui bisa membuat Bunda merasa lelah.

1. Kurang tidur

Setidaknya Bunda harus memiliki waktu 5-6 jam untuk tidur tanpa gangguan agar tubuh berfungsi secara efektif. Namun, tampaknya ini mustahil karena setelah beberapa bulan pertama kelahiran Si Kecil, Bunda mungkin harus terus bangun di malam hari untuk menyusui.

Selain itu, Bunda juga harus mengganti pakaiannya atau sekadar menenangkan Si Kecil yang menangis. Hal ini yang dapat menghambat tidur dan menyebabkan kelelahan.

2. Pola makan berantakan

Bunda yang sedang menyusui bukan hanya membutuhkan kalori ekstra, tapi juga kalori yang berasal dari makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan lainnya. Jangan konsumsi makanan yang tidak sehat dan junk food ya Bunda.

Sebab makanan yang memiliki banyak gula dan lemak tidak memberikan nutrisi yang cukup dan juga membuat tubuh merasa lebih lesu.

3. Anemia

Jika Bunda mengalami kelelahan, penyebabnya juga bisa karena anemia. Hal ini terjadi mungkin karena kehilangan darah saat melahirkan, sehingga ini membuat Bunda lebih rentan terhadap anemia. Bunda mungkin bisa menambahkan suplemen zat besi dalam diet untuk mengatasi kekurangan zat besi.

4. Masalah tiroid

Mungkin setelah melahirkan tingkat tiroid Bunda menurun sehingga dapat menyebabkan kondisi yang disebut hipertiroidisme. Kondisi ini bisa menyebabkan insomnia dan juga kelelahan.

5. Masalah payudara

Bunda yang baru menyusui mungkin lebih rentan terhadap masalah payudara seperti mastitis, pembengkakan payudara, dan lainnya. Beberapa kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit, demam, nyeri payudara, dan membuat merasa sangat lelah.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tau cara agar tetap berenergi saat menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 penyebab mual saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENJAGA ENERGI SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!