sign up SIGN UP search

menyusui

5 Penyebab Ibu Menyusui Cepat Lelah? Simak juga Cara agar Tetap Berenergi

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 02 Nov 2022 07:10 WIB
CARA MENJAGA ENERGI SELAMA MENYUSUI
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Bagaimana cara menjaga energi saat menyusui?

Tertidur saat menyusui sangat tidak direkomendasikan karena tidak selalu layak atau aman. Agar energi Bunda tetap terjaga saat menyusui, coba simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Tetap terhidrasi

Saat menyusui Bunda juga perlu banyak minum agar tidak kekurangan cairan. Sebab dehidrasi menyebabkan kelalahan. Selama menyusui cobalah untuk minum sekitar tiga hingga empat liter air sehari.

2. Makan dengan baik

Untuk melawan kelelahan saat menyusui, cobalah makan makanan bergizi karena diet tidak harus selalu tentang buah dan sayuran sepanjang waktu. “Memproduksi ASI membutuhkan banyak energi metabolisme, dan ibu menyusui harus mengonsumsi sekitar 400 hingga 500 kalori lebih banyak sehari daripada saat tidak menyusui,” kata Jason VanBennekom, MD, OB-GYN.


Banner Gerakan Janin

3. Tetap aktif

Lawan kelelahan dengan berolahraga karena aktivitas ini akan membuat Bunda merasa jauh lebih baik. Sebab olahraga bisa membantu meningkatkan energi serta suasana hati. Selain meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, olahraga dapat merangsang produksi endorphin yang meningkatkan perasan sejahtera dan tingkat energi, Bunda.

4. Minum kafein

Jika membutuhkan bantuan ekstra, kafein diperbolehkan tapi jangan berlebihan. Disarankan Bunda membatasi asupan kafein sekitar dua hingga tiga cangkir per hari saat menyusui. Inga, kafein bukan hanya dari kopi, bisa juga beralih kepada teh hijau atau hitam.

5. Suplemen

Selain menambahkan lebih banyak kalori, protein, dan makanan bergizi ke dalam diet Bunda, direkomendasikan juga untuk mengonsumsi vitamin prenatal selama menyusui.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!