sign up SIGN UP search

menyusui

Cetirizine untuk Ibu Menyusui, Amankah untuk Atasi Alergi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 07:15 WIB
CETIRIZINE UNTUK IBU MENYUSUI: MANFAAT, DOSIS & PENGGUNAAN YANG AMAN
Ibu Menyusui caption

Keamanan cetirizine untuk ibu menyusui

Meskipun aman untuk mengonsumsinya saat menyusui, penting sekali diketahui bahwa beberapa obat dapat melewati ASI. Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah kecil mungkin ada dalam ASI, tetapi tidak cukup untuk membahayakan bayi. Pastikan untuk membicarakannya dengan dokter jika Bunda memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

Gordon menjelaskan bahwa semua obat memiliki peringkat berdasarkan skala yang dibuat Dr Thomas Hale. Obat-obatan dinilai dari L1 (paling aman) hingga L5 (kontraindikasi), berdasarkan keamanan bahan-bahannya.

"Kebanyakan obat alergi dan antihistamin semuanya dalam L1 hingga L3 yang berarti paling aman hingga cukup aman," katanya.


Banner Hari Ayah

Selain itu, obat-obatan dengan peringkat L1, L2, dan L3 umumnya aman dan telah diuji pada ibu menyusui dan bayinya. "Seorang bayi telah dipantau sepanjang waktu penggunaan dan tidak ada efek jangka pendek yang menonjol. Namun, ibu yang paling mengenal bayinya. Jadi jika ibu memperhatikan setelah minum antihistamin mereka terlihat mengantuk, konsultasikan segera dengan dokter anak," tambah Gordon.

Seperti halnya obat apa pun, pastikan untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter tentang dosis yang tepat untuk digunakan. Dalam dosis kecil, obat-obatan ini tidak terbukti melalui aliran darah cukup kuat untuk berdampak pada bayi, kata Gordon.

Dosis kecil cetirizine sesekali dapat diterima selama menyusui. Dosis yang lebih besar atau penggunaan yang lebih lama dapat menyebabkan kantuk dan efek lain pada bayi atau mengurangi suplai ASI, terutama dalam kombinasi dengan simpatomimetik seperti pseudoefedrin. Pedoman internasional merekomendasikan cetirizine sebagai pilihan yang dapat diterima jika antihistamin diperlukan selama menyusui, seperti dikutip dari laman Ncbi.

Pada akhirnya, penting diingat bahwa perjalanan menyusui setiap ibu berbeda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter demi keamanan Bunda dan juga buah hati.  Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!