sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Sering Tersedak saat Menyusu? Coba Perah Sedikit ASI Terlebih Dulu Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 15:42 WIB
Mother calming her crying baby girl caption
Jakarta -

Bagi bayi yang baru lahir, menyusu untuk pertama kalinya merupakan hal baru yang dirasakan. Sehingga wajar bila banyak Bunda yang mengalami hal tidak terduga saat pertama kali menyusui, salah satunya momen saat Si Kecil tersedak ASI.

Bunda pasti merasa khawatir melihat Si Kecil tersedak atau batuk saat menyusu, tetapi itu bukanlah masalah besar dan bisa diatasi kok Bunda. Bayi tersedak atau batuk saat menyusu dapat disebabkan beberapa faktor, Bunda.

Penyebab bayi sering tersedak atau batuk saat menyusu

Melansir laman Romper.com, terdapat beberapa faktor penyebab mengapa bayi sering tersedak atau batuk saat menyusu. Menurut Leigh Anne O'Connor, seorang konsultan laktasi bersertifikat internasional, salah satu penyebab paling umum bayi tersedak ASI adalah karena kelebihan pasokan. Namun kadang-kadang fast let down yang kuat juga bisa menyebabkan bayi yang baru lahir tersedak ASI.


Melansir laman Healthline.com, Ibu mungkin juga mengalami let down yang terlalu aktif sehingga menyebabkan aliran susu yang kuat ke dalam mulut Si Kecil. Ketika payudara dirangsang oleh isapan bayi, oksitosin menyebabkan refleks let-down yang melepaskan ASI.

Penyebab kelebihan pasokan ASI

Kondisi ini adalah saat Bunda menghasilkan lebih banyak susu daripada yang dibutuhkan Si Keci. Selain memperhatikan bahwa Si Kecil batuk atau muntah saat menyusui, tanda-tanda lainnya mungkin Bunda memiliki kelebihan pasokan sehingga bayi menjepit puting untuk menghentikan aliran ASI yang cepat.

Bayi memang dapat tersedak ASI, tapi juga memiliki refleks muntah yang kuat sehingga mereka biasanya dapat mengatur alirannya dengan batuk dan dengan menarik payudara Ibu. Walaupun hal ini tidak berbahaya, melihat Si Kecil batuk, muntah atau menarik diri dari payudara bisa sangat menakutkan.

Bahkan terasa sedikit menyakitkan, jadi penting untuk mengetahui cara mencegah bayi tersedak saat menyusui ya Bunda.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu penyebab bayi sering tersedak atau batuk saat menyusu lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips atasi bayi tersedak saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENJAGA BAYI AGAR TIDAK TERSEDAK ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!