sign up SIGN UP search

menyusui

Kenali Tanda ASI Masuk Paru-paru Bayi, Cegah dengan Posisi Menyusui yang Tepat

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 10:50 WIB
CARA MENGATASI ASI YANG MASUK PARU-PARU BAYI
Ibu Menyusui caption

Posisi menyusui agar ASI tak masuk paru-paru bayi

Guna meminimalisasi risiko aspirasi (tersedak) saat menyusu, posisi menyusui dalam kondisi berbaring telentang juga sebaiknya dihindari ya, Bunda, karena dapat mengakibatkan efek kesehatan yang berbahaya.

Para ahli memperingatkan bahwa menyusui dalam posisi ini tidak tepat karena menempatkan bayi pada risiko aspirasi, infeksi paru-paru infeksi telinga, dan sindron kematian bayi mendadak, seperti dikutip dari laman Punchng.

Saat menyusui, bayi seharusnya ditopang dan tidak dibaringkan telentang. Para ibu juga sebaiknya duduk dengan nyaman di kursi dan menggendong anak dalam posisi bersandar.


Banner Dampak Pemberian ASI & Formula

"Sangat umum melihat seorang ibu menyusui anaknya sambil berbaring karena nyaman bagi mereka seperti itu,"ujar Dr Yusuf Who, dari The University of Ilorin Teaching Hospital.

Lebih lanjut, Dr Who mengatakan namun memberi makan anak dalam posisi tersebut meskipun nyaman bagi ibu tetapi terkadang bisa merugikan kesehatan anak di kemudian hari.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!