sign up SIGN UP search

menyusui

7 Cara Memijat Payudara dan Mengencangkan secara Alami, Coba yuk Busui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 19 Dec 2022 16:22 WIB
Ilustrasi Memperbesar Payudara caption
Jakarta -

Cara memijat payudara dan mengencangkan alami aset tersebut selama menyusui penting diketahui. Apalagi, payudara yang terus bekerja ekstra menyusui Si Kecil mudah sekali mengendur.

Setiap wanita tentu menginginkan payudara yang dimilikinya berbentuk sempurna sepanjang hidupnya. Sehingga, ketika mulai mengendur, hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan dirinya.

Meskipun konon katanya payudara kendur adalah proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia dimana payudara kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya. 


"Payudara kendur ialah salah satu hal yang dialami setiap wanita cepat atau lambat,"ujar Dr Brahmanand Nayak, seroang Ayurvedic Doctor di Bangalore seperti dikutip dari laman Drbrahma.

7 Cara memijat payudara dan mengencangkan alami

Berbagai faktor sedianya memang dapat menjadi pemicu payudara kendur. Selain usia, faktor gaya hidup tertentu ternyata juga bisa menyebabkan payudara kendur.

Ini termasuk karena menyusui, kehamilan, menopause, penurunan atau penambahan berat badan yang cepat, kekurangan gizi atau memakai bra yang tidak pas. Faktor lainnya yakni cara seseorang duduk atau tidur juga dapat menyebabkan hilangnya kekencangan payudara.

Seperti diketahui bahwa payudara tidak memiliki otot. Mereka terbuat dari lemak dan jaringan ikat. Karena itu, dibutuhkan perawatan yang tepat agar tetap dalam kondisi yang baik. Berikut ini beberapa cara memijat dan mengencangkan alami payudara, seperti dikutip dari laman Indiatvnews:

1. Campuran mentimun dan kuning telur

Ini merupakan obat efektif untuk mengangkat payudara. Oleskan campuran kuning telur dan mentimun di sekitar payudara selama 30 menit. Mentimun memiliki sifat mengencangkan kulit alami dan kuning telur memiliki kadar protein yang tinggi. Ini dapat digunakan sebagai masker mingguan untuk mengencangkan dan memperkuat jaringan payudara.

Caranya, campurkan satu kuning telur dan satu sendok teh mentega atau krim untuk mendapatkan pasta. Kemudian, terapkan selama 30 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

2. Minyak zaitun

Memijat payudara dengan minyak zaitun bisa menjadi teknik yang sangat baik untuk mengencangkan payudara yang kendur karena minyak ini kaya antioksidan dan asam lemak yang dapat membalikkan kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Ini juga membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit di sekitar area payudara. Pijatan ini akan membantu merilekskan dan mengencangkan otot payudara.

Ambillah beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan dan gosokkan keduanya untuk menghasilkan panas. Dengan tangan lembut, pijat payudara dengan gerakan ke atas selama sekitar 15 menit. Obat ini dapat digunakan setidaknya empat sampai lima kali dalam seminggu.

3. Pijat es

Pijat es merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan kembali kekencangan payudara yang kendur dan mengangkatnya kembali. Hal ini karena suhu dingin akan menyebabkan jaringan berkontraksi sehingga membuat payudara tampak lebih kencang.

Caranya, ambil es batu dan pijat dengan gerakan memutar di sekitar setiap payudara selama satu menit. Lalu, dengan bantuan handuk lembut keringkan payudara dan segera kenakan bra yang pas. Tetaplah dalam posisi berbaring setidaknya 30 menit. Lakukan ini secara berkala sepanjang hari.

4. Fenugreek

Menurut Ayurveda, fenugreek dianggap sebagai obat yang bagus untuk mengencangkan payudara yang kendur. Diperkaya dengan vitamin dan antioksidan yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mengencangkan dan menghaluskan kulit di sekitar payudara.

Campurkan bubuk fenugreek dengan air untuk membentuk pasta kental. Pijat pasta ini ke payudara dan biarkan selama 5 sampai 10 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara memijat payudara agar ASI lancar.

[Gambas:Video Haibunda]



7 CARA MEMIJAT PAYUDARA DAN MENGENCANGKAN ALAMI, BUSUI WAJIB TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!