menyusui

Ketahui 9 Bentuk Payudara Sehat dan Jenis Bra yang Cocok, Busui Sudah Tahu?

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Sabtu, 07 Jan 2023 07:50 WIB

Jakarta -

Berbagai bentuk payudara sehat perlu diketahui semua wanita termasuk para busui. Sehingga, mereka pun jadi tahu jenis bra yang cocok digunakan selama menyusui.

Setiap orang memang memiliki bentuk dan ukuran payudara yang unik. Beberapa orang telah membuat klasifikasi bentuk payudara, tetapi semuanya didasarkan pada penampilan visual. Tidak ada klasifikasi resmi atau medis untuk bentuk payudara.

Bentuk dan ukuran payudara ditentukan secara genetik, tetapi dapat berubah akibat kehamilan dan menyusui, olahraga intensif, dan fluktuasi berat badan yang tiba-tiba. Mungkin juga ada perubahan nyata pada titik-titik tertentu selama siklus menstruasi.


Bentuk payudara sehat

Payudara juga bisa menjadi lebih besar sementara dalam kehamilan atau saat menyusui. Terkadang, bentuk payudara bisa dikaitkan dengan penambahan berat badan atau gairah seksual. Selain itu, obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pembengkakan payudara. Beberapa orang mengalami hal ini saat mengonsumsi pil KB, seperti dikutip dari laman Flo health

Perlu diketahui juga bahwa tidak ada orang yang memiliki tubuh simetris sempurna. Maka tak heran jika payudara kiri dan kanan bisa berbeda-beda ukuran, bentuk, volume, dan letaknya. Pada beberapa orang, perbedaannya tidak mencolok, sedangkan pada orang lain, satu payudara bisa berukuran satu cup lebih besar dari yang lain.

Biasanya hal ini wajar, terutama pada remaja putri yang tubuhnya masih berkembang. Jika satu payudara tiba-tiba menjadi jauh lebih besar dari yang lain, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk menghindari risiko yang serius.

Secara umum, beberapa contoh bentuk payudara sehat ada beberapa tipe bentuknya ya, Bunda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Bulat

Payudara sama-sama penuh di bagian atas dan bawah. Beberapa gaya bra yang berbeda dapat bekerja untuk payudara bentuk ini ya, Bunda.

2. East west

Payudara kanan dan kiri bergerak dari tengah dada ke samping. Puting sering menunjuk ke arah yang berlawanan. Dengan bantuan push up bra, tampilan keduanya dapat terlihat seimbang.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 8 perubahan puting payudara selama menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT