sign up SIGN UP search

menyusui

5 Tanda Tubuh Bunda Kekurangan Kalsium selama Menyusui, Termasuk Sering Kesemutan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 21 Jan 2023 10:20 WIB
Ibu menyusui 5 Tanda Tubuh Bunda Kekurangan Kalsium selama Menyusui, Termasuk Sering Kesemutan/ Foto: iStock
Jakarta -

Kalsium dibutuhkan Bunda selama menyusui Si Kecil. Kekurangan kalsium selama menyusui bisa menimbulkan tanda-tanda yang bikin tubuh merasa enggak nyaman hingga mengganggu kesehatan, Bunda.

Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang selama Bunda menyusui. Menurut ulasan di NIH Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center, menyusui dapat memengaruhi massa tulang Bunda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita sering kehilangan 3 sampai 5 persen massa tulang mereka selama menyusui. Masalah terkait massa tulang ini bisa menyebabkan osteoporosis, Bunda.


Osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat terjadi karena meningkatnya kebutuhan bayi akan kalsium, yang diambil dari tulang ibu. Jumlah kalsium yang dibutuhkan ibu menyusui atau busui tergantung pada jumlah ASI yang dihasilkan dan berapa lama waktu menyusui.

"Wanita juga bisa kehilangan massa tulang selama menyusui karena memproduksi sedikit estrogen, yakni hormon yang melindungi tulang," demikian isi ulasan.

Meski berisiko menyebabkan osteoporosis, masalah kekurangan kalsium ini bisa pulih setelah masa menyusui berakhir. Biasanya, massa tulang akan kembali baik setelah beberapa bulan menyapih anak, Bunda.

Dosis kalsium yang dibutuhkan saat menyusui

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Kebutuhannya akan meningkat lebih besar selama Bunda hamil dan menyusui.

National Academy of Science merekomendasikan wanita yang sedang hamil atau menyusui untuk mengonsumsi 1.000 miligram (mg) kalsium setiap hari.

Dijelaskan di American Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2006, asupan kalsium sangat penting selama menyusui karena potensi efek buruk pada kesehatan tulang terjadi saat kalsium ibu habis. Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi kalsium harus ditingkatkan, terutama selama kehamilan dan menyusui untuk menggantikan simpanan kalsium yang habis.

Konsumsi kalsium yang tepat dapat diperoleh melalui diet dengan konsumsi produk susu atau sayuran hijau. Konsumsi suplementasi kalsium mungkin dibutuhkan selama menyusui, namun perlu dikonsultasikan dulu ke dokter.

Kekurangan kalsium saat menyusui sebenarnya dapat dideteksi dengan munculnya tanda-tanda, Bunda. Apa saja tanda-tanda kekurangan kalsium saat menyusui?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga kenali penyebab dan cara mengatasi kelelahan saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA-TANDA TUBUH BUSUI KEKURANGAN KALSIUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!