sign up SIGN UP search

menyusui

Adakah ASI Booster yang Justru Berbahaya untuk Kesehatan Ibu Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 26 Jan 2023 12:15 WIB
Teh peppermint dapat digunakan untuk mengatasi perut yang buncit. Adakah ASI Booster yang Justru Berbahaya untuk Kesehatan Ibu Menyusui?/Foto: iStock
Jakarta -

Pilih-pilih ASI booster mungkin tidaklah mudah. Setiap busui tentunya ingin mencari yang aman baik bagi ibu dan Si Kecil. Nah, kira-kira adakah ASI booster yang berbahaya untuk kesehatan Bunda? Cari tahu yuk.

Mengandalkan ASI booster memang kerap jadi solusi andalan para busui. Apalagi, banyak ASI booster di pasaran yang bisa digunakan dengan mudah dan efektivitasnya pun cukup maksimal. Tak heran, banyak busui yang rela menjajal banyak ASI booster guna mendapatkan produksi ASI yang melimpah.

Terlepas dari efektivitas ASI booster itu sendiri, sebenarnya saat memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya faktor keamanan juga diprioritaskan ya, Bunda.


Maklum saja, kesehatan Si Kecil dan juga kesehatan Bunda menjadi taruhannya. Tentunya Bunda tidak ingin penggunaan ASI booster justru menjadi bumerang bagi kesehatan Bunda ataupun Si Kecil ke depannya.

ASI booster yang berbahaya untuk kesehatan

"Masalah dengan suplemen ialah karena tidak diatur oleh FDA, tidak ada banyak insentif untuk mempelajarinya atau mendanai studi," kata Kristy Goodman, seorang physician assistant dari The Obgyn PA.

Ketika seorang pasien bertanya kepadanya tentang ramuan atau suplemen tertentu yang menjadi booster ASI, Goodman cenderung menunda trial and error jika tidak ada bahaya yang diketahui atau tidak jelas. Jika berhasil, bagus. Jika Bunda mengalami gejala negatif, berhentilah seperti dikutip dari laman Healthline.

Beberapa ASI booster yang mungkin dianggap efektif, ternyata ada juga yang justru mengurangi ASI. Sehingga, butuh diketahui lebih lanjut oleh para busui agar mereka dapat menghindarinya. Karena, tidak hanya membuat produksi ASI terganggu tetapi juga dikhawatirkan risiko kesehatan yang mungkin bisa saja terjadi ke depannya ya, Bunda.

1. Sage

Di antara berbagai ASI booster, salah satunya yang perlu Bunda hindari yakni tanaman sage yang menjadi satu-satunya herbal yang bisa mengurangi ASI. Meskipun sage termasuk herbal yang memiliki banyak manfaat, ternyata saat dikonsumsi ketika menyusui justru bisa mengganggu ya, Bunda

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 minuman yang bisa boosting ASI Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



 

ADAKAH ASI BOOSTER YANG BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN BUNDA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!