sign up SIGN UP search

menyusui

5 Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui, Perbanyak ASI Bun!

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 24 Feb 2023 13:03 WIB
Buah Kurma caption
Jakarta -

Bunda sedang menyusui? Coba konsumsi kurma karena ada banyak manfaat kurma untuk ibu menyusui. 

Kurma merupakan tanaman asli Timur Tengah. Kurma telah lama dikaitkan dengan khasiat terapeutik (antiinflamasi, antioksidan, dan antitumor). Manfaat kurma lainnya bahkan bisa memperlancar persalinan.

Selain itu, salah satu manfaat kurma untuk ibu menyusui juga bisa memperbanyak ASI lho, Bunda. Mungkin beberapa dari Bunda merasa ASI kurang lancar. 


Manfaat kurma untuk ibu menyusui

Jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan, cobalah Bunda makan kurma. Kandungan dalam buah satu ini sangat bagus untuk ibu menyusui.

Untuk itu, buah kurma bisa menjadi solusi Bunda jika ingin meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI. Berikut ragam manfaat buah kurma untuk ibu menyusui.

1. Meningkatkan Produksi ASI

Mengutip dari situs resmi Sanford Health, manfaat kurma untuk ibu menyusui bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Mengonsumsi kurma bisa meningkatkan prolaktin, hormon yang memberitahu tubuh untuk memproduksi ASI. 

Kandungan zat besi dan kalsium pada kurma juga berperan besar dalam hal kuantitas serta kualitas ASI. Tak heran jika banyak orang menyarankan mengonsumsi kurma pada akhir kehamilan dan setelah melahirkan karena bagus buat wanita hamil serta ibu menyusui.

Kurma memiliki sejenis hormon bernama potuchsin yang memiliki khasiat untuk mengecilkan pembuluh darah di rahim. Zat inilah yang kemudian membuat rahim mengecil setelah melahirkan.

Selain itu, zat tersebut juga dapat mencegah terjadinya perdarahan postpartum, terutama pada persalinan normal. Bunda bisa mulai mengonsumsi kurma selama kehamilan untuk mendapatkan manfaat buah kering ini secara maksimal.

2. Kaya nutrisi

Satu porsi kurma bisa meningkatkan potasium, magnesium, copper, mangan, zat besi, dan vitamin B6, dalam tubuh Bunda. Kurma juga mengandung vitamin K yang membantu pertumbuhan tulang bayi Bunda agar kuat dan bisa meningkatkan fungsi otot serta saraf.

Untuk itu, kurma bagus dikonsumsi sejak masa kehamilan. Setelah melahirkan pun, semua nutrisi tersebut bagus untuk kesehatan Bunda dan si kecil yang mendapatkannya dari ASI. 

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui manfaat kurma lain buat ibu menyusui. 

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan video tentang 5 ASI booster alami terbaik:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT KURMA UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!