mom-life

Orang Tua Juga Harus Selalu Belajar Agar Tak Ketinggalan Zaman

Amelia Sewaka Kamis, 21 Dec 2017 17:05 WIB
Orang Tua Juga Harus Selalu Belajar Agar Tak Ketinggalan Zaman
Jakarta - Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang cepat, kita sebagai pun orang tua dituntut untuk terus berevolusi, termasuk soal pola asuh dalam mendidik anak. Menurut Najeela Shihab, pendiri Yayasan Keluarga Kita sekaligus pendidik, tantangan utama orang tua zaman sekarang tentunya perubahan dunia.

"Kalau kita bicara 20 atau 30 tahun yang lalu saat kita dibesarkan dengan sekarang pastinya beda banget. Perubahan dunia itu sekarang cepat banget," papar Najeela di sela-sela acara Dari Wardah #UntukIbu, di Kembang Goela Restaurant, Sudirman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Jika dibayangkan 20 sampai 30 tahun ke depan saat anak-anak kita besar nanti, Bun, pasti perubahan besar juga terjadi. Nah, menurut wanita yang akrab disapa Ela ini, beberapa dari orang tua nggak siap dengan semua perubahan ini dan maunya kalau bisa dunia itu nggak usah berubah supaya kita masih bisa melakukan cara-cara seperti kita dibesarkan terdahulu.



"Padahal kan nggak mungkin, tapi bukan berarti cara dulu itu jelek lho. Misal, ngancem anak seperti kita bilang bahwa kita sama sekali nggak boleh berhubungan dengan teknologi. Nah, yang seperti ini nggak mungkin," tutur ibu dari 3 anak ini.

Selain itu, menurut wanita lulusan psikologi ini, ancaman atau hukuman ke anak itu udah terbukti kurang efektif untuk membuat anak-anak kita mandiri. Pun dengan menghilangkan pengaruh teknologi dari anak atau mensensor segala macam hal juga nggak mungkin kita lakukan.

"Yang bisa kita lakukan adalah membuat anak berdaya untuk kemudian bukan anak yang digunakan oleh teknologi tapi mereka bisa menggunakan teknologi dengan lebih balk," tutur Ela.

Jika bicara soal pekerjaan, semua orang tua pasti ingin anak-anaknya sukses dan mendapat pekerjaan yang mumpuni. Namun, pekerjaan yang sekarang dirasa oke malah jangan-jangan udah hilang di 20 tau 30 tahun ke depan,. Sehingga menurut Ela, cara belajar anak kita pun harus diubah nih, Bun, supaya mereka siap dengan pekerjaan-pekerjaan masa depan.


Nggak hanya anak, orang tua pun juga perlu banget belajar. "Kalau kita nggak belajar otomatis kita cuma meneruskan pola pengasuhan dari masa lalu yang terus berulang dan pada akhirnya kita nggak beradaptasi terhadap kebutuhan anak," tutur Ela.

Lagi-lagi, inllah tantangan orang tua zaman sekarang yaitu belajar terus untuk menyesuaikan dengan perubahan dunia. Karena, kalau orang tua belajar terus, mereka bisa pakai pola pengasuhan yang tepat.

"Jika kita belajar terus juga, kita pun jadi contoh anak bahwa proses belajar itu seumur hidup bahkan kita pun orang tua masih belajar," papar Ela.

"Jika nanti anak berganti pekerjaan, dia belajar. Jika dia jadi orang tua masih belajar. Mulai dibiasakan sih culture of learning itu sepanjang hayat dan dari mula keluarga kita sendiri," imbuhnya. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi