sign up SIGN UP search


moms-life

Kenali 6 Ciri Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput'

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 12 Sep 2018 08:03 WIB
Dalam mengasuh anak, ada istilah orang tua tipe 'mesin pemotong rumput'. Apa sih itu? Yuk kenali 6 ciri-cirinya. caption
Jakarta - Ada beberapa tipe mengasuh anak, salah satunya 'mesin pemotong rumput'. Tipe ini merujuk pada orang tua yang cenderung nggak mau si anak merasa kesulitan, berjuang, bahkan gagal. Dengan kata lain orang tua akan menghandle semua urusan anaknya.

Seorang guru yang tidak disebutkan namanya menuliskan orang tua tipe mesin pemotong rumput akan melakukan apapun untuk mencegah buah hatinya menghadapi situasi sulit atau kegagalan. Ketimbang menyiapkan anak untuk menghadapi segala tantangan, si orang tua lebih memilih mengambil alih urusan tersebut.

Ya, walaupun nggak ada pola asuh yang tepat untuk anak. Tapi, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau Anas bilang pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif.


"Kita perlu sensitif sama kebutuhan anak nih. Misalnya untuk anak 0-18 bulan, mereka lagi membentuk kepercayaan sama lingkungan. Misalnya dia nangis, langsung kita respons, berarti kan ada yang memperhatikan. Terus, pola asuh yang ideal juga yang responsif. Jadi, kalau anak nangis jangan dibiarkan lama-lama," kata Anas.

Bicara orang tua tipe 'mesin pemotong rumput' ini dia 6 ciri-cirinya seperti dikutip dari Essential Kids:

1. Membawakan Barang Anak yang Ketinggalan ke Sekolah

Sesekali membawakan barang anak ke sekolah yang tertinggal sah-sah aja, Bun. Namun, ketika terbiasa membawakan barang anak yang tertinggal ke sekolahnya, bisa dibilang kita tipe orang tua 'mesin pemotong rumput'. Apalagi bila selama ini Bunda dan Ayah sekadar membawakan barang tersebut tanpa bilang ke anak untuk nggak mengulang lupanya.

Kenali 6 Ciri Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput'Kenali 6 Ciri Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput' /Foto: thinkstock

2. Membereskan Kamar Anak

Di usia balita anak sudah bisa dilatih bertanggungjawab atas kerapian kamarnya. Nah, bila anak sudah usia sekolah namun segala barang di kamar selalu Bunda yang merapikan, bisa dibilang Bunda tipe orang tua 'mesin pemotong rumput'.

3. Menyalahkan Guru atas Kesalahan Anak

Anak bisa saja melakukan kesalahan di sekolah hingga dia perlu menerima konsekuensinya. Nah, orang tua tipe 'mesin pemotong rumput' biasanya nggak akan membiarkan anaknya belajar dari kesalahan. Sehingga, guru pun disalahkan meski kita tahu si kecillah yang salah.



4. Memaksakan Prestasi Anak

Di sini, orang tua tipe 'mesin pemotong rumput' akan melakukan apa saja demi prestasi si kecil walaupun sebenarnya anak nggak berprestasi di bidang itu. Tujuannya sih baik, Bun, supaya anak lebih percaya diri. Namun, dengan memaksa anak seperti itu sama saja kita akan menjerumuskan anak dalam kegagalan.

Kenali 6 Ciri Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput'Kenali 6 Ciri Orang Tua Tipe 'Mesin Pemotong Rumput' /Foto: thinkstock

5. Mengambil Alih Peran Anak

Sebenarnya anak bisa melakukan sesuatu sendiri seperti mengambil minum. Namun, karena malas dia pun meminta Bunda mengambilkan minum. Nah, orang tua tipe 'mesin pemotong rumput' biasanya akan mengambil peran anak yang seharusnya bisa mereka lakukan sendiri.

6. Selalu Bantu Anak Mengerjakan PR

Anak kesulitan mengerjakan PR tapi tanpa memintanya berusaha dulu Bunda langsung mencari jawaban PR si kecil. Bila seperti itu, Bunda termasuk orang tua 'mesin pemotong rumput' yang nggak membiarkan anak berusaha keluar dari kesulitannya.

(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi