Sign Up search


moms-life

Waspadai Stres yang Sebabkan Gairah Bercinta Wanita Menurun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 04 Aug 2019 19:57 WIB
Waspadai Stres yang Sebabkan Gairah Bercinta Wanita Menurun
Jakarta - Stres acapkali membuat keinginan untukĀ bercinta jadi menurun. Menurut Laura Berman Ph.D, direktur Berman Center for Women Sexual Health di Chicago, stres bisa membuat seseorang tidak saja lelah, tetapi juga tidak termotivasi untuk melakukan apa pun. Apalagi berhubungan seks, dikutip dari Glamour.

"Ketika seorang wanita stres, perubahan hormon dalam tubuhnya memicu reaksi kimia dimana menyebabkan globulin pengikat hormon seks terikat dengan sel testosteron menurun, sehingga tidak tersedianya libido dan respons seksual. Ketidakberdayaan karena stres dapat membuat wanita lebih tegang dan kurang bergairah untuk bercinta," ujar Berman.

Stres yang terus menerus tentu saja tidaklah sehat. Jika dibiarkan bisa mengganggu kehidupan secara keseluruhan, serta mengganggu keharmonisan bersama pasangan, Bun.


Perlu Bunda tahu bahwa seks merupakan bagian besar dari sebuah hubungan. Ketika seks memuaskan maka hubungan akan berjalan sehat. Tetapi, jika kehidupan seks tidak berfungsi maka hubungan pun rentan dari berbagai tantangan seperti perselingkuhan dan sebagainya.

Waspadai Stres yang Sebabkan Gairah Bercinta Wanita MenurunStres menurunkan libido wanita/ Foto: iStock

Ya, seks memang menghubungkan seseorang dengan pasangannya secara fisik. Sehingga keterikatan satu sama lain pun perlu kembali dikoneksikan secara utuh agar stres membenam.

Melansir NBCnews, agar stres tidak merusak kehidupan seksual Bunda dan pasangan, beberapa langkah berikut dapat membantu:

Memulai

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni perbanyak berciuman dan berpelukan dengan pasangan. Bahkan, berpegangan tangan dengan pasangan pun dapat menghilangkan stres, Bun. Termasuk juga berciuman dan berpelukan yang dapat mengurangi kecemasan sehari-hari.

Memanaskan

Cobalah untuk menjadwalkan sesi bercinta dengan pasangan lebih sering, untuk meredam stres yang Bunda rasakan. Apalagi, bercinta bagi wanita dapat memicu saraf kunci di vagina dan leher rahim, yang secara psikologis dapat memuaskan dan melepaskan hormon penenang di otak.

Buat jadwal

Manfaatkan selalu waktu yang ada bersama pasangan untuk mengagendakan keintiman bersamanya, Bun. Kondisikan kesibukan masing-masing dan sisihkan waktu untuk merekatkan keintiman bersama pasangan.

Selamat mencoba, Bun!

Bunda, ada cerita menarik dari Nadia Mulya dan suami nih mengenai kunci keharmonisan rumah tangganya, simak dalam tayangan di bawah ini ya!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi