moms-life

Albino, Kelainan Genetik yang Bikin Warna Kulit Lebih Terang

Melly Febrida Kamis, 12 Sep 2019 19:01 WIB
Albino, Kelainan Genetik yang Bikin Warna Kulit Lebih Terang
Jakarta - Bunda tentu pernah melihat orang yang albino (albinisme). Sekilas kita akan menyangka orang dengan kulit albino itu turis dari luar negeri. Padahal mereka saudara se-Tanah Air tapi mengalami kelainan genetik yang menyebabkan seseorang memiliki rambut dan kulit berwarna terang.

Karen Gill, MD, dokter anak lulusan University of Southern California, mengatakan albinisme alias albino adalah gangguan pada kulit akibat berkurangnya atau tidak adanya pigmen melanin. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata.

"Normalnya, melanin melindungi kulit dari kerusakan UV (ultraviolet). Alhasil kata Gill orang dengan albino lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, risiko kanker kulit mereka pun lebih besar. Sinar UV dari matahari juga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan pada beberapa orang dengan albino," papar Gill, dilansir Medical News Today.


Setelah terpapar sinar matahari, beberapa orang dengan albino mungkin akan mengalami:

1. Bintik-bintik di kulit
2. Tahi lalat, biasanya berwarna merah muda karena berkurangnya jumlah pigmen
3. Lentigine, bintik-bintik besar.

"Orang dengan albinisme harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan melaporkan setiap tahi lalat baru atau perubahan kulit lainnya ke dokter," kata Gill.

Pada mata, rendahnya kadar melanin pada iris membuat mata bisa tampak sedikit tembus cahaya. Dalam kondisi tertentu, cahaya bisa tampak merah atau merah muda ketika cahaya dipantulkan retina di belakang mata.

"Kurangnya pigmen mencegah iris menghalangi sinar matahari. Ini membuat mata lebih peka terhadap cahaya, yang dikenal sebagai fotosensitifitas," papar Gill.

Sementara itu, rambut orang dengan albino biasanya berwarna putih, coklat, bahkan kemerahan. Seiring bertambahnya usia, warna rambut juga makin gelap.

ilustrasi albinoilustrasi albino/ Foto: iStock
Nah, penyebab albino yang paling umum adalah gangguan dalam fungsi enzim tirosinase. Satu dari 70 orang diduga membawa gen yang terkait dengan albinisme yang merupakan kelainan bawaan dan muncul saat lahir.


Mengutip Health Line, anak-anak berisiko terlahir dengan albinisme jika mereka memiliki orang tua dengan albinisme, atau orang tua yang memiliki gen albino.

Kulit Bunda bersisik? Atasi dengan bahan alami seperti dijelaskan dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi