moms-life

Perawatan Tepat bagi Penyandang Albino

Melly Febrida Sabtu, 14 Sep 2019 12:28 WIB
Perawatan Tepat bagi Penyandang Albino
Jakarta - Orang dengan albino memang memiliki warna kulit, rambut, dan mata yang berbeda. Ini akibat berkurangnya atau tidak adanya pigmen melanin. Satu hal yang perlu diketahui, albinisme tidak bisa diobati meski beberapa gejala bisa diatasi dengan perawatan.

Menurut Karen Gill, MD, dokter anak lulusan University of Southern California, untuk orang dengan albino perawatan berfokus pada meminimalkan gejala dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

"Orang-orang harus memperhatikan setiap perubahan kulit dan menggunakan tabir surya untuk perlindungan," kata Gill mengutip Medical News Today.


Orang dengan albinisme mungkin harus membatasi kegiatan di luar rumah. Sebab, kulit dan mata mereka sensitif terhadap sinar matahari. Apalagi, sinar UV matahari dapat memicu kanker kulit dan kehilangan penglihatan pada beberapa orang dengan albinisme.

Nah, Bunda, berikut beberapa perawatan yang dibutuhkan penyandang albino mengutip Health Line:

1. Kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV)
2. Pakaian pelindung dan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV
3. Kacamata yang diresepkan dokter untuk memperbaiki masalah penglihatan
4. Operasi pada otot-otot mata untuk memperbaiki gerakan mata yang abnormal

Operasi otot mata bisa memperbaiki kondisi mata meski tak berpengaruh banyak pada penglihatan. Sebagian besar bentuk albinisme tidak memengaruhi masa hidup. Namun, sindrom Hermansky-Pudlak, sindrom Chediak-Higashi, dan sindrom Griscelli yang rentan dialami orang dengan albinisme bisa memengaruhi rentang hidup karena masalah kesehatan yang terkait.

ilustrasi albinoilustrasi albino/ Foto: iStock
Tak hanya itu, beberapa orang dengan kondisi albino rentan mengalami masalah sosial. Misalnya saja intimidasi di sekolah karena mereka terlihat berbeda. Bagi orang tua yang memiliki gen pembawa albino, segera konsultasikan dengan dokter untuk mencegah anak mengalami albinisme. Peran orang tua juga penting ketika anak terlahir dengan kondisi albino. Tujuannya, agar mereka tak minder dan tetap bisa melakukan fungsinya di masyarakat. Demikian dilansir detikcom.

Bunda, simak tips Indah Kalalo dalam mengatasi luka bakar pada anak di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi