moms-life

Kesetiaan Habibie pada Ainun Selama Hidup Hingga Akhir Hayat

Annisa Karnesyia Jumat, 13 Sep 2019 06:56 WIB
Kesetiaan Habibie pada Ainun Selama Hidup Hingga Akhir Hayat
Jakarta - Kebersamaan mendiang BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari semasa hidup selalu menjadi kenangan manis untuk semua orang. Semasa hidup, pasangan yang menikah pada 12 Mei 1962 ini saling setia mendampingi.

Bila Ainun selalu mendampingi Habibie untuk urusan kenegaraan, Habibie selalu menemani istrinya menonton sinetron, Bun. Sinetron Cinta Fitri yang dibintangi Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar adalah tayangan favorit Ainun.

Dikutip dari detikcom, saat berbincang dengan wartawan beberapa tahun lalu, Presiden ke-3 RI itu mengaku hanya tahu satu sinetron, yaitu Cinta Fitri. Itu pun karena istrinya suka sekali tontonan ini.


"Saya tahu cuma satu, Fitri, karena Ainun itu suka sekali nonton Cinta Fitri. Saya pun tak tahu namanya, yang saya tahu dia Fitri," ujar Habibie.

Pada tahun 2008, Habibie pernah menemani Ainun bertemu dengan para pemain sinetron Cinta Fitri. Keduanya tampak bahagia dan tersenyum sumringah dalam foto yang dibagikan salah satu pemain, Ashirazamita.

Sosok Habibie dan Ainun adalah cerminan pasangan yang selalu setia mendampingi. Hingga akhir hayatnya, Habibie selalu mencintai Ainun.

Habibie dan AinunHabibie dan Ainun/ Foto: Dok. Instagram/@b.jhabibie

Dalam upacara pemakanan Habibie pada Kamis (12/9/2019), putra pertama mereka, Ilham Akbar Habibie menceritakan kesetiaan sang ayah. Sampai meninggal pun pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu selalu berada di samping Ainun.

"Semenjak ibu wafat, setiap hari Jumat (bapak) ke makam untuk berdoa, betapa setia bapak dengan ibu. Sekarang dikuburkan di sebelahnya," kata Ilham.

Banyak pelajaran hidup bisa kita pelajari dari kesetiaan Habibie dan Ainun. Menurut ahli terapi keluarga berlisensi, Dr.Gary Brown, salah satu hal penting dalam membangun hubungan yang dipenuhi cinta adalah kesetiaan.

"Dengan berbagi pengalaman dan beban hidup, kita membuktikan ke pasangan kalau masalah ditanggung bersama-sama. Ini juga membangun kepercayaan dalam hubungan," ujar Brown, dilansir Bustle.

Menghabiskan waktu bersama dengan saling menemani seperti Habibie dan Ainun bisa membangun ikatan khusus, Bun. Pasangan bisa saling mengerti dan setia satu sama lain.

"Salah satu aspek membangun hubungan adalah berbagi pengalaman termasuk perjalanan hidup," pungkas Brown.

BJ Habibie dimakamkan di sebelah pusara sang istri. Simak lengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video Insertlive]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi