sign up SIGN UP search


moms-life

Benjolan karena Siklus Haid atau Gejala Kanker Payudara, Ini Bedanya

Radian Nyi Sukmasari Senin, 28 Oct 2019 14:47 WIB
Kadang ketika ada benjolan di payudara, para wanita cemas. Ini benjolan karena siklus haid atau gejala kanker payudara? caption
Jakarta - Salah satu gejala kanker payudara adalah munculnya benjolan. Hanya saja, kadang ketika para wanita menemukan benjolan di area payudara, timbul kecemasan: ini benjolan gejala kanker payudara atau karena siklus haid?

Disampaikan dr.Bayu Brahma, Sp.B(K)Onk dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, umumnya kanker payudara enggak menimbulkan nyeri, termasuk bila ada benjolan. Namun, kata Bayu, kalau ada keluhan sekecil apapun termasuk nyeri harus diwaspadai.

"Namun, ketika kanker payudara l tumbuh makin besar, di mana kanker tersebut masuk ke jaringan kulit, bisa menimbulkan sumbatan di jaringan kulit sampai bengkak dan radang. Kondisi itu bisa sebabkan keluhan nyeri," papar Bayu kepada HaiBunda.


Keluhan seperti ini, tegas Bayu, biasa terjadi di kanker payudara di tahap lanjut atau inflammatory breast cancer. Atau dengan kata lain, sel kanker sudah berkembang disertai perubahan kulit, bengkak, warna kulit kemerahan, dan timbul nyeri.

"Tapi lagi-lagi pada umumnya kanker payudara enggak menimbulkan keluhan itu. Nah, kalau ada keluhan termasuk nyeri baiknya cek ke dokter untuk konfirmasi," tambah Bayu.

Untuk membedakan benjolan karena gejala kanker payudara atau siklus haid, Bunda bisa meraba dan melihat konsistensinya, keras atau padat. Keras ibarat papan dan padat ibarat bakso. Lalu, lihat apakah benjolan itu bergerak atau enggak.

Ilustrasi kanker payudaraIlustrasi kanker payudara/ Foto: iStock
"Kalau bergerak kemungkinan biasanya tumor jinak, fibroadenoma, dan sebagainya. Kalau dirasa enggak bergerak, hati-hati. Lalu, kalau benjolan diraba sumir, juga mesti hati-hati. Baiknya cek ke dokter," papar Bayu.

"Ciri lain benjolan gejala kanker payudara tentu kalau udah stadium lanjut, warna kulit kemerahan, ada darah di puting," pungkas Bayu.

Penjelasan soal USG payudara untuk deteksi dini kanker payudara bisa dilihat di video ini, Bunda. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi