sign up SIGN UP search


moms-life

4 Hal Penting yang Sebaiknya Bunda Lakukan Usai Bercinta

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 19 May 2020 20:21 WIB
Side view of excited man is lying over woman in bed. They are looking at each other eyes and laughing caption
Jakarta -

Meraih orgasme ketika bercinta menjadi kenikmatan tersendiri untuk setiap wanita. Tak heran kalau setelah berhubungan seks, Bunda jadi lebih relaks dan ingin cepat tidur.

Meskipun tubuh terasa sangat lelah dan mengantuk, sebaiknya jangan buru-buru tidur dulu, Bunda. Demi alasan kesehatan, harus tetap menjaga kebersihan tubuh dan alat vital usai bercinta.

Dijelaskan Dr Allison Hill dan Dr Yvonne Bohn, obgyn di Los Angeles, memerhatikan kebersihan area intim usai bercinta sangat penting.


"Pelumas alami Bunda serta sperma dari suami dapat mengubah keseimbangan pH vagina yang dapat membuat infeksi, seperti infeksi jamur atau infeksi saluran kemih," ujar mereka, dikutip dari Insider.

Sebuah studi yang dilansir Times of india memaparkan, kebersihan tubuh yang tak dijaga usai berhubungan seksual akan meningkatkan risiko terkena penyakit menular secara seksual. Di antaranya infeksi ragi dan infeksi saluran kemih (ISK).

Nah, agar hal itu tak terjadi pada Bunda lakukan beberapa perawatan intensif berikut ini yuk:

1. Kencing

Kencing setelah berhubungan seks adalah aturan yang sebaiknya Bunda taati. Bahkan jika dorongan untuk kencing tidak ada, Bunda harus tetap ke toilet sesuai berhubungan intim. Sebab, bakteri dan kuman mikro tertentu, dapat menyebabkan infeksi yang tidak diinginkan. Perawatan terbaik adalah dengan mencuci bersih vagina.

2. Membersihkan tubuh

Mandi atau bilas lembut tubuh usai bercita dapat mengusir bakteri atau cairan lain yang membahayakan tubuh. Jangan lupa juga untuk berkumur dengan obat khusus kumur atau air yang disaring.

Kuman infeksi tertentu dapat menempel di mulut selama foreplay, dan telah ditemukan bakteri berupa gonore dan klamidia yang bisa menginfeksi lewat aktivitas seksual.

Membersihkan tubuh menjadi wajib dilakukan jika Ayah menggunakan pelumas sebelum bercita ya, Bunda.

3. Minum air putih

Meskipun tak bersifat wajib, tapi disarankan untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi. Seks menjadi salah satu kegiatan yang menguras banyak tenaga dan Bunda cenderung membakar cukup banyak kalori dengan latihan ini.

Air minum dapat memuaskan dahaga dan mengatasi dehidrasi. Air juga dapat membantu mencegah ISK yang kumannya keluar lewat buang air kecil.

4. Ganti celana dalam

Mengganti celana dalam usai bercinta kerap diremehkan para Bunda. Memakai pakaian dalam bersih harus dibiasakan sebagai bentuk menjaga kebersihan organ intim kita, Bunda.

Cairan tubuh dapat menempel pada pakaian dalam yang sama, di mana dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit lainnya. Takutnya, cairan tubuh menodai atau membuat vagina jadi lebih rentan bakteri.

Bunda, simak juga tips Ivy Batuta dan suami memberikan pendidikan seks pada kedua anaknya, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi