sign up SIGN UP search


moms-life

4 Hal Penting yang Menjaga Pernikahan Tetap Sehat

Annisa Karnesyia Minggu, 28 Jun 2020 16:05 WIB
Shot of an affectionate young couple sharing a romantic moment in the bedroom at home caption
Jakarta -

Menikah merupakan keputusan penting dalam hidup seseorang. Saat menjalin hubungan dengan orang yang dicintai, kita juga harus menerima berbagai kemungkinan.

Menurut psikolog klinis Lisa Firestone Ph.D., mencapai hubungan yang tahan lama memang tak mudah, bahkan ketika Bunda bertemu orang yang tepat. Sebenarnya, untuk mendapatkan itu semua kita harus paham dengan hubungan kita dan pasangan.

"Kita harus menerima kenyataan bahwa hubungan memiliki potensi untuk menjadi manis dan sederhana, namun seringkali rumit," kata Firestone, dikutip dari Psychology Today, Selasa (24/6/2020).


Ketika ada dua orang dengan pikiran dan masa lalu berbeda, ke depannya mungkin hidup mereka tidak berjalan mulus. Jatuh cinta memang menjadi pengalaman paling menyenangkan, tapi kita cenderung meremehkan ketakutan, rasa cemas, kesedihan, dan kemarahan yang timbul.

Happy young couple having romantic times in bedroomIlustrasi suami istri/ Foto: iStock

Dalam rumah tangga, ada hal penting yang harus Bunda pertahankan untuk menciptakan hubungan yang sehat. Dilansir PS I Love You, berikut 4 hak istri maupun suami dalam berumah tangga yang tak boleh dilupakan satu sama lain:

1. Hak untuk bersuara dalam mengambil keputusan besar

Ada saatnya suami tak meminta pendapat istri untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan rumah tangga. Mungkin niatnya baik, agar tidak menyusahkan istri.

Namun, kenyataannya adalah ketika suami melakukan sesuatu yang besar tanpa masukan dari istri, itu seperti kita dikendalikan sepenuhnya oleh mereka.

2. Hak untuk memiliki waktu sendiri

Ketika Bunda berada dalam hubungan yang sehat, pasti akan memahami satu sama lain dengan Ayah. Salah satu bentuknya adalah membiarkan pasangan menghabiskan waktu sendiri atau punya momen me time.

Ingat ya, Bunda. Cinta itu memungkinkan dua individu yang mandiri untuk saling mendukung satu sama lain, sementara tetap membiarkan setiap orang menjadi dirinya sendiri.

3. Hak privasi

Menjaga privasi memang penting ya, Bunda. Namun, penting diingat bahwa hanya karena seseorang memiliki pemikiran sendiri dan ingin merahasiakan sesuatu, bukan berarti mereka memiliki sesuatu untuk disembunyikan.

Kita semua membutuhkan privasi dan tidak semua orang perlu tahu setiap pikiran dan perasaan yang kita rasakan.

4. Hak untuk memiliki keyakinan sendiri

Banyak orang memiliki hubungan dengan keyakinan atau agama yang berbeda. Tentu menjalaninya tak mudah. Tapi kunci penting adalah saling menghormati satu sama lain.

Sebelum menikah atau menjalin hubungan serius, sebaiknya kita jujur dengan pasangan perihal keyakinan yang dianut, agar tidak membuat mereka terkejut.

Saling menghargai hak masing-masing dalam pernikahan, menjadi salah satu kunci kelanggengan. Semoga berhasil!

Simak juga pesan bijak Lenna Tan pada pasangan yang ingin nikah muda, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi