sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Berdaun Besar, Cocok untuk Menghijaukan Rumah Bunda

Siti Hafadzoh Senin, 21 Sep 2020 04:00 WIB
Various different trendy tropical house plants in flower pots arranged on shelf caption
Jakarta -

Bunda ingin membuat rumah terasa lebih hijau dan asri? Coba tambahkan tanaman hias sebagai salah satu dekorasi rumah deh.

Supaya rumah terlihat lebih hijau, Bunda membutuhkan tanaman hias berdaun besar. Selain mudah dirawat, tanaman hias berdaun besar biasanya cocok lho dengan iklim tropis di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 tanaman hias berdaun besar, cocok untuk menghijaukan rumah Bunda:


1. Fiddle leaf fig

Tanaman hias ini memiliki bentuk daun lebar yang cukup ikonik. Urat daunnya juga membuat tanaman yang satu ini terlihat unik.

Fiddle leaf fig dikenal sebagai tanaman yang pemilih. Meski begitu, perawatannya tidak terlalu sulit kok, Bunda.

Dilansir Pro Flowers, tanaman hias daun ini lebih suka hidup di tempat yang terkena cahaya matahari. Bunda perlu membersihkan daunnya setiap minggu supaya tanaman bisa menyerap cahaya secara optimal.

Sebaiknya, siram fiddle leaf fig dengan air bersuhu ruangan atau hangat. Tunggu sampai tanah kering sebelum menyiramnya kembali.

2. Calathea

Calathea merupakan salah satu tanaman hias yang daunnya bercorak. Nah, corak daun calathea cukup unik dan menarik perhatian lho.

Daun calathea terdiri dari dua kombinasi warna. Misalnya, kombinasi warna hijau tua dan hijau muda atau putih. Tapi, ada juga lho yang berwarna keunguan.

Simpan tanaman hias calathea di tempat dengan cahaya tidak langsung. Mengutip The Sill, Calathea bisa hidup di tempat yang cahayanya terang, sedang, maupun redup.

Penyiramannya juga tidak perlu sering-sering kok. Cukup siram sebanyak 1 sampai 2 kali seminggu.

3. Kuping gajah

Tanaman hias yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Bunda bisa dapat dengan mudah menemukan tanaman kuping gajah.

Sesuai namanya, tanaman kuping gajah berbentuk seperti telinga gajah. Daunnya lebar berwarna hijau dengan guratan putih.

Kuping gajah menyukai lingkungan yang basah dan lembap. Jadi, siram secara teratur ya, terutama ketika musim panas.

Nah, tanaman hias kuping gajah cocok lho untuk disimpan di mana saja. Bunda bisa menjadikan kuping gajah sebagai tanaman hias indoor.

4. Monstera

Monstera saat ini sedang naik daun, Bunda. Harga jualnya melambung hingga jutaan rupiah lho.

Tanaman hias yang juga dikenal dengan sebutan janda bolong ini punya daun berukuran besar. Monstera yang dijual mahal ini terdiri dari berbagai jenis.

Mengutip Leon and George, setidaknya ada dua jenis monstera yang berbeda. Keduanya punya susunan genetik yang bermutasi karena menghasilkan warna berbeda.

Pertama, Thai Constellation Monstera yang memiliki daun berwarna hijau dengan sedikit bercak krem atau putih. Kedua Monster Albo yang berwarna dasar putih atau setengahnya berwarna putih.

5. Pisang-pisangan

Tanaman yang punya nama lain calathea lutea sangat cocok untuk menghijaukan rumah Bunda. Pisang-pisangan sering dijadikan dekorasi di mal lho, Bunda.

Berbeda dengan pohon pisang, daun tanaman pisang-pisangan berukuran lebih kecil. Tanaman hias ini juga tidak punya batang yang besar seperti pohon pisang.

Tanaman pisang-pisangan lebih suka di tempat yang separuh terkena cahaya atau cahaya penuh. Siram tanaman setiap kali tanahnya terasa kering.

Bunda bisa menyimpan tanaman hias pisang-pisangan di dalam rumah lho. Tapi, pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup ya.

Simak juga tanaman hias termahal di dunia di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi