sign up SIGN UP search


moms-life

Ada 3 Fase dalam Tiap Siklus Menstruasi, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 03 Apr 2021 12:53 WIB
Sad lonely woman lying in the bed in fetal position caption

Menstruasi merupakan proses alamiah yang dialami wanita setiap bulannya, namun, siklus menstruasi setiap wanita amat mungkin berbeda dari satu sama lain.

Proses menstruasi yang terjadi setiap bulannya biasanya diawali dengan kram perut, nyeri punggung bagian bawah, dan kelelahan. Tetapi, ada juga tidak merasakan sakit tersebut sehingga mereka dapat tetap beraktivitas seperti biasa.


Di sisi lain, ada Bunda lainnya yang mengalami perdarahan yang begitu hebat sehingga membuat tubuh lemas dan kelelahan, seperti dikutip dari laman Newsinhealth.

"Proses menstruasi merupakan bagian penting dari kesehatan wanita,"ujar Dr Lisa Halvorson, pakar kesehatan wanita di NIH.

Sebagian besar siklus menstruasi biasanya berlangsung antara 21 hingga 35 hari, atau hingga 45 hari untuk remaja. Sementara untuk perdarahan biasanya berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Penting sekali bagi Bunda untuk mengetahui pola dari proses menstruasi tersebut sehingga Bunda dapat mengetahui apalah pola menstruasi berjalan normal atau tidak.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Melansir Healthline, proses menstruasi terbagi menjadi beberapa fase. Lama setiap fase pun akan berbeda dari satu Bunda ke Bunda lainnya, dan dapat berubah seiring waktu.

Fase awal yang terjadi dalam proses menstruasi yakni fase menstruasi. Fase ini dimulai ketika telur dari siklus sebelumnya tidak dibuahi. Karena kehamilan belum terjadi, kadar hormon estrogen dan progesteron pun turun.

Kemudian, penebalan lapisan rahim yang berguna untuk mendukung kehamilan tidak lagi dibutuhkan, sehingga keluar melalui vagina. Selama menstruasi, Bunda juga melepaskan kombinasi darah, lendir, dan jaringan dari rahim.

Fase kedua yang terjadi dalam proses menstruasi yakni fase folikuler. Fase ini dimulai pada hari pertama menstruasi dan berakhir saat Bunda berovulasi. 

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga penjelasan mengenai menstruasi setelah masa nifas dalam video berikut ini ya Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



LEBIH LANJUT TENTANG PROSES MENSTRUASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi