sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah 3 Wanita Idap Autoimun, Ada yang Tubuh Kaku Seperti Batu

Annisa A Senin, 05 Apr 2021 12:51 WIB
Thoughtful woman at home - copyspace caption
Jakarta -

Penyakit autoimun merupakan kondisi sistem kekebalan yang menyerang tubuh sendiri. Sistem kekebalan tubuh melepaskan protein yang disebut dengan autoantibodi untuk menggerogoti sel sehat yang dianggap sebagai benda asing.

Autoimun dapat memengaruhi seluruh tubuh dan menyerang lebih dari satu organ. Jenis penyakit autoimun juga sangat beragam, Bunda. Tak sedikit di antaranya yang termasuk penyakit langka seperti Hashimoto dan Gaves Disease.

Orang dengan kondisi autoimun tidak dapat disembuhkan. Pasien hanya dapat mengontrol respon imun yang terlalu aktif dengan memakai obat seperti anti peradangan, pereda nyeri, bengkak, ruam kulit atau obat penekan kekebalan tubuh.

Banner Rumput Fatimah



Gejala dan bentuk autoimun yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda. Bunda, berikut ini kisah tiga wanita pejuang autoimun.


1. Trish Rainbow-Noack

Kisah pilu dirasakan oleh Trish. Wanita asal Sydney itu merasakan kulitnya mengeras dan mengelupas. Tak hanya itu, otot-otot tubuhnya mulai menyusut sehingga ia kehilangan kendali gerakan.

Wanita berusia 57 tahun itu awalnya didiagnosa mengidap lupus. Namun setelah melakukan berbagai macam tes selama satu tahun, Trish dinyatakan memiliki penyakit autoimun dan muskuloskeletal langka bernama scleroderma.

Scleroderma disebabkan oleh produksi protein kolagen berlebih sehingga menyebabkan penebalan jaringan kulit. Alhasil, tubuhnya jadi terasa kaku seperti batu. Penebalan ini juga bisa terjadi di organ dalam seperti jantung, ginjal dan paru-paru.

Dokter di St Vincent's Hospital yang menangani kasus ini menyatakan Trish hanya memiliki sisa waktu 3-5 tahun untuk hidup. Ia hanya dapat memperlambat penyakitnya dengan mengonsumsi obat munosupresan, steroid dan krim pelembab untuk merawat kulit.

"Pertama kali mendengar tentang penyakit ini, saya menangis karena deskripsinya sangat cocok seperti apa yang sedang saya alami... Saya takut karena ada tingkat mortalitasnya, tapi saya masih punya harapan," kata Trish, dikutip dari ABC Australia.

Simak juga kisah wanita tangguh yang mengidap penyakit autoimun di halaman berikutnya.

Bunda, jangan lupa saksikan video 3 rekomendasi asupan alami untuk tingkatkan imunitas di masa pandemi COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]

SAKIT SAMPAI BOTAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi