sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Membersihkan Debu pada Daun Tanaman Hias Indoor di Rumah Bunda

Juan Satya   |   Haibunda Rabu, 08 Sep 2021 04:00 WIB
TENGGELAMKAN DALAM AIR HINGGA SIKAT DENGAN LEMBUT
Debu yang ada di rumah dapat menumpuk pada tanaman hias, Bunda. Jangan lupa untuk dibersihkan, ya. Simak lima tips berikut ini agar tepat dalam membersihkannya. caption

3. Tenggelamkan dalam air

Bila Bunda memiliki tanaman hias yang berukuran kecil di rumah, tips ini bisa dicoba, lho. Tanaman hias yang berukuran kecil dapat Bunda bersihkan dengan cara memegang pangkal tanaman di permukaan tanah, lalu membalikkannya ke dalam ember yang telah berisi air.

Namun sebelum ditenggelamkan di dalam air, Bunda perlu lakukan penyiraman pada tanah dulu, ya. Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah tanah agar tidak rontok saat pot dibalik, Bunda.

Sebelum dibalik, Bunda juga dapat membungkus sekitar area pangkal tanaman dengan plastik untuk menahan tanah saat membersihkan. Nah saat menggunakan tips ini, Bunda perlu pastikan untuk menggunakan air hangat, ya.


Jika sudah dibersihkan, Bunda dapat biarkan tanaman mengering terlebih dahulu sebelum memindahkannya kembali ke posisi semula.

4. Menyeka daun dengan kain lembab

Untuk tanaman hias yang berukuran besar, Bunda dapat membersihkannya dengan cara menyeka daun tanaman dengan kain lembab. Tips ini juga cocok untuk Bunda aplikasikan pada tanaman yang hanya memiliki sedikit daun, seperti tanaman snake plant muda.

Setelah dibersihkan dengan cara diseka, Bunda dapat membantu mencegah debu menumpuk di daun dengan menggunakan kemoceng lembut setiap kali Bunda membersihkan furnitur atau lantai.

5. Sikat dengan lembut

Beberapa jenis tanaman hias memiliki daun lengket atau kabur yang tidak mudah dibersihkan, Bunda. Contohnya saja seperti tanaman violet Afrika yang tidak suka daunnya basah. Jadi, penyemprotan atau penyeka bukanlah jawaban yang tepat untuk membersihkan tanaman ini, ya.

Untuk tanaman hias yang memiliki daun kabur, Bunda dapat membersihkan dengan menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan debu dari daun dengan sangat lembut.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!