sign up SIGN UP search


moms-life

7 Waktu Terburuk untuk Melakukan Seks, Penting Diketahui Nih Bun

Kinan   |   Haibunda Jumat, 10 Sep 2021 21:45 WIB
HINDARI SEKS SAAT INFEKSI, PASCA-OPERASI, DAN SAAT SAKIT
Couple - Relationship,love, Sleeping, Banner - Sign, Dating caption

5. Saat ada infeksi

Saat Bunda mengalami gejala infeksi panggul atau vagina seperti keputihan yang berbau tak sedap, gatal pada vagina, rasa terbakar, atau nyeri panggul, sebaiknya hindari berhubungan seks sebelum konsultasi ke dokter. 

Memaksakan diri berhubungan seks saat sedang infeksi vagina tidak hanya menyakitkan, tetapi dapat menyebabkan infeksi menyebar ke organ panggul dan menjadi lebih parah.

6. Setelah operasi

Kemajuan teknologi bedah mungkin membuat pasien dapat pulih lebih cepat dari sebelumnya. Namun terkadang meskipun Bunda merasa baik-baik saja, 'bagian dalam' tubuh masih terus memulihkan diri. 


Konsultasi dulu dengan dokter mengenai kapan waktu yang tepat untuk bisa kembali berhubungan seks.

7. Tubuh terasa sedang tak bugar

Ketika Bunda sedang merasa tak bugar dan nyaman, hindari memaksakan diri tetap berhubungan seks. Dilansir Mayo Clinic, faktor fisik dan psikologis dapat memicu dispareunia (nyeri saat berhubungan seks). 

Selain kekeringan pada vagina terkait menopause, nyeri seks dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, termasuk iritasi setelah melahirkan, gangguan kulit seperti eksim, dan kejang yang tidak disengaja pada dinding vagina yang disebut vaginismus.

Menurut ahli bedah ginekologi, Nicole Williams, MD, penggunaan pelumas mungkin bisa menambah rasa nyaman. Namun tetap sesuaikan dengan kondisi masing-masing, ya. 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!