sign up SIGN UP search


moms-life

Apa Itu Selaput Dara dan di Mana Letaknya? Yuk Ketahui Faktanya

Kinan Rabu, 25 Aug 2021 21:45 WIB
Young beautiful woman in roses garden caption

Selaput dara atau hymen menjadi salah satu bagian dari vagina yang dianggap penting. Keberadaan selaput dara pun disebut-sebut bisa menjadi tanda 'keperawanan' wanita. Namun demikian, tak sedikit pula yang belum mengetahui apa itu selaput dara dan di mana letak persisnya. 

Dilansir Flo, selaput dara adalah lapisan jaringan tipis dan elastis yang terletak di bawah lubang vagina. Bentuk selaput dara masing-masing wanita berbeda dan ini juga berubah seiring waktu. 

Selaput dara dapat menutupi sebagian lubang vagina. Dalam kasus yang jarang terjadi, selaput dara juga dapat sepenuhnya menutup lubang vagina, sehingga memerlukan pembedahan.


Meskipun sampai saat ini fungsi biologis selaput dara belum diketahui, dipercaya bahwa kondisi selaput dara menentukan apakah wanita pernah berhubungan seks sebelumnya. Kendati demikian, teori ini tidak benar ya, Bunda.

Sri Mulyani dengan Cucu

Di mana letak selaput dara?

Salah satu bagian vagina bernama vulva, yang berbentuk mengarah ke depan dan belakang panggul. Ujung atas vulva mengarah ke tulang kemaluan dan ujung bawahnya mengarah ke anus. Sementara itu, selaput dara terletak di sisi bawah lubang vagina. 

Seperti disebutkan sebelumnya, selaput dara memiliki banyak bentuk. Jika masih utuh, bagian ini mungkin terlihat seperti cakram tipis yang menutupi lubang vagina atau seperti cincin yang melingkar di sekitar vagina. Beberapa selaput dara juga dapat memiliki perforasi atau banyak lubang-lubang kecil. 

Selaput dara sebagian besar terdiri dari jaringan elastis yang dapat menyempit dan meregang saat kulit di sekitar vagina bergerak. Bagian selaput dara yang menempel pada vulva sedikit lebih tebal atau lebih padat, dibandingkan lipatan selaput yang bergerak bebas dari permukaan kulit.

Bagian membran ini tidak mengandung serabut saraf, otot, atau sel darah, sehingga tidak mungkin berdarah atau sakit meskipun robek.

Benarkah selaput dara dapat dijadikan patokan penanda keperawanan wanita? Intip informasi lengkap di halaman selanjutnya, yuk!

Simak video berikut yuk, Bunda, ketahui bagaimana prosedur vaginoplasty mempengaruhi kualitas hubungan seks Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



SELAPUT DARA PENANDA KEPERAWANAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!