sign up SIGN UP search


moms-life

12 Manfaat Berhubungan Seks Setiap Hari, Tingkatkan Imun hingga Tidur Lebih Nyenyak

Kinan Rabu, 15 Sep 2021 21:45 WIB
Loving happy couple talking to each other at home caption
Jakarta -

Hubungan seks diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama jika dilakukan dengan rutin. Nah, bagaimana dengan manfaat berhubungan seks setiap hari?

Dikutip dari Very Well Mind, tingkat aktivitas seksual yang lebih sering dikaitkan dengan perubahan positif pada tubuh. Termasuk tekanan darah yang lebih terkontrol, mengurangi stres, dan menambah keintiman dengan pasangan.

Berikut ulasan tentang ragam berhubungan seks setiap hari, yuk disimak Bunda!


1. Citra diri yang lebih baik

Seks yang rutin dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi perasaan tidak aman. Kondisi psikis yang terkendali ini mengarah pada persepsi yang lebih positif tentang diri sendiri.

Dengan berhubungan seks berkala, termasuk setiap hari, Bunda akan lebih mudah menjaga mood dan kepercayaan diri ikut meningkat.

2. Lebih bahagia

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan di Tiongkok, rutin berhubungan seks (baik orgasme maupun tidak) dapat meningkatkan kebahagiaan. Terutama jika dilakukan dengan tulus dan tidak ada paksaan dari suami maupun istri, ya.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

3. Menambah keintiman dengan pasangan

Senyawa kimia alias hormon lebih aktif diproduksi ketika hubungan seks dilakukan, salah satunya termasuk endorfin. Hormon ini sering dikaitkan dengan penurunan perasaan depresi.

Selain itu, hormon lainnya yakni oksitosin juga turut diproduksi. Oksitosin diketahui dapat membantu menumbuhkan rasa ketenangan dan kepuasan batin.

4. Mengurangi stres

Stres kronis dapat menyebabkan frekuensi seks yang lebih rendah. Namun sebaliknya, seks rutin justru bisa menjadi teknik manajemen stres yang efektif. 

Manfaat berhubungan seks setiap hari yaitu dapat mengurangi hormon terkait stres, seperti kortisol dan adrenalin (epinefrin).

5. Peningkatan kualitas tidur

Orgasme memicu pelepasan hormon prolaktin, yang membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan teratur. Dengan begitu, keesokan harinya Bunda akan menjadi jauh lebih bersemangat dan produktif.

6. Tubuh lebih bugar secara fisik

Seks merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik. Menurut American Heart Associationaktivitas seksual setara dengan aktivitas fisik sedang, seperti jalan cepat atau menaiki anak tangga. 

Gerakan-gerakan seks tertentu juga dapat mengencangkan dan mengencangkan otot, termasuk otot perut dan panggul.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang 7 kebiasaan yang turunkan performa seks:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT BERHUBUNGAN SEKS RUTIN BAGI KESEHATAN FISIK, APA SAJA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!