sign up SIGN UP search


moms-life

12 Manfaat Berhubungan Seks Setiap Hari, Tingkatkan Imun hingga Tidur Lebih Nyenyak

Kinan Rabu, 15 Sep 2021 21:45 WIB
MANFAAT BERHUBUNGAN SEKS RUTIN BAGI KESEHATAN FISIK, APA SAJA?
Couple in bed holding hands passionately caption

7. Peningkatan fungsi otak

Hubungan seks rutin sering dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik, serta pertumbuhan sel-sel otak baru. Dalam sebuah studi tahun 2018 terhadap lebih dari 6 ribu responden dewasa mengaitkan hubungan seks yang sering dengan kinerja memori yang lebih baik.

8. Menguatkan daya tahan tubuh

Rutin berhubungan seks juga memberikan efek positif pada fungsi kekebalan tubuh. Bahkan disebutkan seks dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena pilek atau flu.

9. Mengurangi risiko migrain dan sakit punggung

Endorfin dari aktivitas seks sering dikaitkan dengan rasa bahagia, sejahtera, dan tenang. Namun selain itu, endorfin juga disebutkan mampu mengurangi risiko migrain dan sakit punggung.


10. Membantu penurunan berat badan

Berhubungan seks selama 30 menit membakar rata-rata 200 kalori. Selain itu, hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks pun dipercaya dapat menurunkan nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

11. Baik bagi kesehatan jantung

Aktivitas seksual kerap dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Nah, rutin berhubungan seks dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh sekaligus mengurangi tekanan darah.

12. Manfaat bagi tubuh secara keseluruhan

Rutin berhubungan seks dapat meningkatkan libido dan menjaga pelumasan alami vagina. Kondisi ini pun sering dikaitkan dengan berkurangnya nyeri haid. Selain itu, pelepasan senyawa dehydroepiandrosterone (DHEA) setelah berhubungan seks juga bermanfaat untuk pencernaan yang lebih baik dan kulit yang lebih sehat. 

Demikian ulasan tentang ragam manfaat berhubungan seks setiap hari. Supaya manfaatnya maksimal, lakukan tanpa paksaan dan dengan kesepakatan kedua pihak ya, Bunda.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!