sign up SIGN UP search


moms-life

Gaji Rp55 Juta Perbulan Tapi Keuangan Berantakan, Apa yang Perlu Diperbaiki?

Annisa Afani Minggu, 10 Oct 2021 14:17 WIB
Ilustrasi kerja pakai masker Ilustrasi karyawan swasta/Foto: Getty Images/iStockphoto/Akarawut Lohacharoenvanich
Jakarta -

Banyak masalah finansial yang muncul karena kurangnya pemasukan, tapi di sisi lain, ada juga lho yang justru mengalami masalah yang sama usai kenaikan gaji hampir 3 kali lipat.

Hal tersebut dibagikan oleh Felicia Putri Tjisaka baru-baru ini. Melalui channnel YouTubenya, wanita kelahiran 1995 itu ceritakan bahwa Resya, seorang karyawan swasta, mengaku boros saat gajinya naik mencapai Rp55 juta dalam sebulan.

"Dia baru saja naik gaji hampir 3x lipat, tapi kok dia jadi boros, ya? Uangnya lari ke mana?" tutur Felicia, dikutip dari channel Felicia Putri Tjiasaka pada Senin (27/9/2021).


"Karena dia bingung, apa yang harus dia lakukan saat uangnya tiba-tiba banyak dan tak memiliki manajemen aset serta portofolio yang tepat untuk mencapai tujuan keuangannya," sambung Falicya.

Resya sendiri saat ini berusia 33 tahun dan hanya menanggung diri sendiri, Bunda. Ia bekerja sebagai handle biro fintech startup di Bekasi.

Untuk pendapatannya, Resya memiliki dua sumber, yakni dari gaji kantor dan usaha yang tengah ia rintis. "Untuk main income sendiri dari pekerjaan sehari-hari dan side job merintis usaha rumahan, memang belum berkembang optimal karena kerja kan."

"Dan income, baru sekitar 3-4 terakhir mengalami kenaikan signifikan sampai 3 kali lipat. Dari (gaji) Rp20 juta ke Rp55 juta," sambungnya.

Dari pendapatan utamanya tersebut, Resya membaginya ke 4 pos pengeluaran. Pertama untuk investasi sebesar 30 persen, cicilan 25 persen, kemudian yang paling besar untuk kebutuhan hidup mencapai 45 persen.

Untuk aset, Resya ungkap bahwa hampir 80 persen masuk dalam properti. "Karena aku sudah miliki cicilan rumah atau KPR," katanya.

"Kemudian, Peer to Peer (P2P) lending itu hampir 18 persen, terus kemarin itu aku juga coba obligasi negara dan reksa mungkin sisanya sekitar 2 dua persen aset portofolio aku," sambungnya.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Sama-sama dapat Rp5 miliar usai jadi pemenang di Olimpiade Tokyo 2020, simak ide alokasi investasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dalam video berikut yuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



TUJUAN KEUANGAN RESYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!