sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Diet untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Bunda Bisa Coba Nih

Bella Barliana   |   Haibunda Kamis, 04 Nov 2021 06:30 WIB
JANGAN LUPA PERHATIKAN KANDUNGAN NUTRISI YANG ADA PADA MAKANAN BUNDA
Asian woman in joyful postures with hand holding salad bowl caption

4. Konsumsi makanan kaya serat

Dilansir dari Medical News Today, sebuah riset menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, yaitu suatu kondisi yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan mengatasi kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

Selain itu, mengonsumsi sebanyak 10 gram serat larut per hari juga dikaitkan dengan pengurangan 3,7% jumlah lemak di rongga perut, Bunda.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, termasuk sayuran, buah, kacang-kacangan, serta beberapa sereal, seperti gandum utuh.


5. Berolahraga rutin

Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang dapat Bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hidup panjang, terhindar dari penyakit, dan tentunya mengurangi lemak perut yang membuat perut terlihat buncit.

Bunda bisa mencoba lakukan latihan kardio yang bisa memompa jantung, membakar kalori, mengurangi lemak perut, dan mengencangkan otot. Beberapa yang termasuk latihan kardio adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Selain itu, latihan HIIT (High Intensity Interval Training) juga bisa dicoba, nih. Bunda mungkin bisa lakukan dengan berjalan selama 3 menit dan dilanjutkan berlari selama 30 detik. Penelitian menunjukkan, HIIT dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif daripada jenis olahraga lainnya.

6. Lacak asupan makanan

Kebanyakan orang memahami bahwa penting untuk mengetahui apa yang dikonsumsi, tetapi banyak juga yang tidak tahu secara spesifik kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut.

Melacak asupan makanan bukan berarti Bunda harus menimbang dan mengukur semua yang dimakan. Melacak asupan sesekali selama beberapa hari berturut-turut dapat membantu Bunda menyadari apa hal yang harus diubah.

Jika mengetahui kandungan yang ada pada makanan, Bunda lebih mudah menentukan perencanaan kedepannya, seperti apakah harus meningkatkan asupan protein hingga 25-30% kalori atau mengurangi karbohidrat yang tidak sehat.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!