sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Mudah Menanam Tanaman Anggrek Terestrial, Hati-hati Akarnya Tipis

Sheila Permatasari   |   Haibunda Rabu, 02 Mar 2022 19:30 WIB
Dendrobium orchid. Woman taking care of home plats. Close-up of female hands holding flowers. Interior decor caption

Bunda ingin menambah koleksi tanaman hias? Tanaman anggrek terestial bisa menjadi pilihan nih, Bunda. Jika anggrek umumnya tumbuh di pohon dan menempel di dahan, anggrek terestial bisa ditanam dan tumbuh di tanah, Bunda.

Melansir dari laman Gardening Know How, ada lebih dari 200 spesies anggrek terestrial. Sama seperti tanaman lainnya, perawatan anggrek terestrial juga bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya, Bunda.

Beberapa anggrek terestrial membentuk pseudobulbs di dasar tanaman, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air sehingga tidak perlu terlalu sering di siram, sedangkan spesies lainnya tumbuh di akar dangkal yang perlu sering disiram untuk menjaga tanah tetap lembap.


Jika Bunda ingin menaman anggrek terestrial di rumah, Bunda memerlukan persiapan alat dan bahan, di antaranya:

  • Penembak yang disterilkan
  • Media tanam anggrek
  • pot anggrek
  • Styrofoam atau pecahan pot tanah liat
Banner Kebiasaan di Eropa

Cara Menanam Anggrek Terestrial

1. Memilih Pot

Melansir dari The Spruce, ada banyak cara untuk menanam anggrek. Pertama, Bunda dapat menanamnya di lempengan kayu atau batang pohon, di pot plastik atau tanah liat, di keranjang gantung, dan untuk beberapa jenis anggrek Bunda bisa menggantungnya dengan kawat di udara.

Tetapi yang paling mudah adalah menamanya di dalam pot, Bunda. Nah, pot anggrek harus memiliki sisi bercelah untuk mendapat saluran air yang baik.

Beberapa jenis pot seperti jaring plastik bisa Bunda gunakan untuk anggrek kecil. Namun, pot tanah liat adalah pilihan terbaik agar anggrek terestrial dapat tumbuh tegak dan mempertahankan sedikit kelembapannya.

2. Siapkan Pot

Saluran air adalah hal yang sangat penting ya, Bunda. Jika Bunda tidak ingin mengisi pot dengan media pot anggrek yang mahal, Bunda bisa menambahkan pecahan pot tanah liat atau styrofoam ke bagian bawah pot.

3. Pilih Media Tanam

Media tanam adalah topik kontroversial di antara para petani tanaman hias bunga anggrek nih, Bunda. Banyak dari petani anggrek yang mencampur media tanam dengan bahan-bahan seperti sabut kelapa, pelet tanah liat, kulit kayu, batang pohon, perlit, styrofoam, dan banyak lagi.

Namun, dengan campuran apa pun yang Bunda gunakan, beberapa hal ini harus Bunda perhatikan, ya.

Campuran organik membusuk lebih cepat. Jika Bunda menggunakan kulit pohon cemara (yang biasanya tersedia di kebanyakan campuran), itu akan membusuk dalam waktu satu tahun atau lebih dari penyiraman yang memadai.

Campuran Bunda harus sesuai dengan penyiraman. Jika Bunda menyiram setiap hari, pilih campuran pengeringan yang tidak akan menahan air.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara menanam anggrek terestrial selanjutnya, Bunda.

Bingung bagaimana merawat tanaman hias calathea dan aglaonema? Simak di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENANAM DAN MERAWAT ANGGREK TERESTRIAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!