sign up SIGN UP search


moms-life

Perjuangan Pria Garut Nikahi Wanita Jepang, Sempat Beda Agama dan Jalani LDR

Annisa A   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 11:34 WIB
Supriatna dan Yoshiko, Pasangan Pria Garut dan Wanita Jepang caption
Jakarta -

Menjalin pernikahan beda negara bukan perkara mudah bagi Supriatna. Pria asal Garut ini sempat mengalami rintangan saat akan menikahi wanita asal Jepang bernama Yoshiko, Bunda.

Supriatna pertama kali kenal dengan Yoshiko di Facebook. Kala itu, dia sedang menimba ilmu di salah satu universitas yang berada di Nagoya, Jepang.

Pada 2014, Supriatna merantau dari Garut ke Jepang dan menjalani hidup seorang diri di sana. Sambil berkuliah, dia juga harus bekerja sambilan demi mencari uang saku, Bunda.


Kondisi tersebut sempat bikin Supriatna kewalahan. Hingga suatu ketika, dia iseng berselancar di Facebook (FB) dan bertemu Yoshiko.

Kebiasaan yang Rusak Tanaman HiasFoto: Mia Kurnia Sari

"Waktu itu mumet (pusing) harus kuliah dan kerja part time, saya iseng-iseng chat perempuan di FB. Dari situ saya dan Yoshiko saling mengobrol," ungkap Supriatna kepada HaiBunda, belum lama ini.

Tak disangka, Supriatna dan Yoshiko yang kini memiliki channel YouTube Azka Omera Family tersebut menemukan kecocokan di antara mereka. Keduanya menjadi akrab dan berteman untuk waktu yang cukup lama. Supriatna juga sering mengajak Yoshiko pergi jalan-jalan.

Supriatna dan Yoshiko lama kelamaan saling baper alias jatuh hati. Keduanya pun memutuskan untuk berpacaran. Ketika menjalin hubungan, Supriatna sering menghampiri sang kekasih yang pada saat itu tinggal di Osaka.

Meski sedang dimabuk asmara, Supriatna masih berjuang untuk menyelesaikan kuliahnya. Namun kehidupan Supriatna sebagai mahasiswa di Jepang begitu berat sehingga ia memutuskan untuk berhenti.

"Biaya kuliah dan biaya hidup mahal, harus kerja sampai tidur hanya 2 jam sehari. Akhirnya saya memutuskan berhenti kuliah, tetapi kalau berhenti harus pulang ke Indonesia karena cuma pakai visa pelajar," kata Supriatna.

Terancam harus pulang karena sudah tidak lagi menjadi pelajar, ia pun memutuskan untuk menikahi Yoshiko, "Dari situ karena istri dan saya pribadi enggak mau pisah, akhirnya kita memutuskan untuk menikah."

Keputusan mereka untuk menikah tidak berjalan mulus. Keduanya masih memiliki rintangan berupa perbedaan agama. Namun rencana mereka sudah bulat. Yoshiko memutuskan untuk berpindah keyakinan dan hidup bersama Supriatna.

"Istri agamanya Kristen dan saya Islam, untuk meyakinkan bahwa Islam itu agama yang benar agak sulit, apalagi harus dalam bahasa Jepang yang kata-katanya jarang digunakan. Tapi ya karena sudah saling sayang dan memang jodohnya, istri masuk Islam lalu menikah," ujarnya.

Nekat mempersunting wanita Jepang, bagaimana respons dari calon mertua Supriatna? Baca di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video tentang kisah cinta pria Bali dan bule Kanada di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

SEMPAT HIDUP TERPISAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!