sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tips Meningkatkan Libido Secara Alami, Jangan Sampai Ganggu Aktivitas Seks

Kinan   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 21:45 WIB
Closeup front view of a mid 20's couple sharing a watermelon in a kitchen. They are biting the same slice and laughing, having some white wine as well Foto: iStock

Bagi pasangan suami istri, menjaga kestabilan libido alias gairah seks menjadi penting. Berbagai faktor internal dan eksternal pun diketahui dapat memengaruhi libido. Termasuk di antaranya mulai dari kadar hormon, pola makan, hingga kebiasaan pola tidur.

Dikutip dari Woman's Day, dokter kandungan dan kebidanan Pari Ghodsi menuturkan bahwa sebenarnya wajar jika dorongan seks wanita naik dan turun seiring waktu. 

“Kenyataannya bagi kebanyakan wanita, hasrat seksual yang rendah itu kompleks. Ada banyak penyebab penurunan libido, termasuk kadar hormon, obat-obatan yang sedang diminum, kebiasaan minum alkohol, hingga tingkat stres," imbuh psikolog klinis dan terapis seks, Dr. Megan Fleming.


Nah, apa saja cara-cara alami yang dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah seks? Berikut ulasannya:

1. Konsumsi buah-buahan tertentu

Meski masih membutuhkan studi lebih lanjut, namun tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi buah tertentu untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Dikutip dari Healthline, beberapa jenis buah yang dapat Bunda konsumsi untuk libido misalnya buah ara, pisang, dan alpukat.

Buah-buah tersebut dianggap sebagai asupan penambah libido atau afrodisiak. Selain itu, ketiganya juga memiliki vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke organ kelamin.

Banner 7 Meja Makan Terbaik

2. Camilan dark chocolate

Cokelat telah lama menjadi simbol cinta, bukan hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena kandungannya yang dipercaya dapat meningkatkan kenikmatan seksual.

Konsumsi cokelat dipercaya dapat membantu pelepasan senyawa kimia phenethylamine dan serotonin ke dalam tubuh, yang dapat menghasilkan efek afrodisiak dan membuat mood jadi bahagia.

3. Manfaat ramuan herbal

Beberapa tanaman herbal juga diketahui dapat memberikan efek positif bagi libido, salah satunya bawang putih. Bawang putih mengandung allicin tingkat tinggi yang meningkatkan aliran darah.

Selain itu, ginkgo biloba menjadi ramuan lain yang dipercaya dapat membantu mengobati disfungsi seksual akibat antidepresan pada pria.

4. Tingkatkan kepercayaan diri 

Cara Bunda merasa tentang tubuh memengaruhi kenyamanan dan keintiman saat berhubungan seks. Jika cenderung tak percaya diri, maka ini tanpa disadari dapat membuat Bunda enggan untuk berhubungan seks dan menikmati aktivitas seksual.

Maka dari itu, jangan lupa untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan fokus pada kenikmatan yang dialami saat berhubungan seks.

Rutin berhubungan seks saat musim hujan ternyata bermanfaat bagi kesehatan, cek video ini ya untuk penjelasannya:

[Gambas:Video Haibunda]



RUTIN OLAHRAGA DAN TIDUR CUKUP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!