sign up SIGN UP search


moms-life

Perlu Diketahui, Ini 5 Cara Keliru Membersihkan & Menyimpan Alat Bantu Seks

Kinan   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 22:15 WIB
Sex toys and accessories on pink background. Flat lay caption

Alat bantu seks atau sex toys kini cukup populer digunakan, termasuk oleh pasutri. Salah satu tujuannya yakni menambah sensasi dan keintiman kala berhubungan seks.

Di balik manfaat tersebut, prinsip bersih saat membersihkan dan menyimpan alat bantu seks penting untuk diperhatikan. Jika tidak, efeknya bisa memicu ini justru menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman.

Menurut pakar kesehatan seks, Taylor Sparks, menjaga kesehatan organ intim menjadi prioritas penting, lho. Salah satunya dengan memastikan rutinitas membersihkan alat bantu seks sudah tepat. 


Dikutip dari Planned Parenthood, alat bantu seks adalah benda yang digunakan saat melakukan aktivitas seksual dengan tujuan menambah sensasi. Termasuk saat masturbasi.

Terkadang alat bantu seks juga bermanfaat secara medis jika penggunanya memiliki masalah tertentu, seperti disfungsi seksual atau kondisi lainnya.

Nah, apa saja kesalahan membersihkan dan menyimpan alat bantu seks atau sex toys yang perlu dihindari? Berikut ulasannya nih, Bunda:

1. Menggunakan pembersih berbahan kimia

Inti dari membersihkan alat bantu seks dengan benar yakni untuk memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Maka dari itu, Sparks menuturkan pentingnya menghindari pembersih alat bantu seks berbahan kimia, terutama yang mengandung anti-microbial triclosan.

"Ini adalah bahan kimia antibakteri yang dapat meninggalkan lapisan pada alat bantu seks, yang kemudian dapat diserap ke dalam aliran darah melalui vagina," kata Sparks. 

Ia menuturkan bahwa triclosan telah dikaitkan dengan toksisitas hati dan gangguan tiroid, bahkan dalam tingkat yang rendah. Sebagai gantinya, Bunda dapat menggunakan pembersih alat bantu seks yang terbuat dari bahan-bahan alami dan/atau organik.

2. Menyimpan beberapa alat tanpa pemisah

Dilansir Well and Good, Sparks menjelaskan bahwa beberapa sex toys berbahan silikon dapat menempel satu sama lain, sehingga berisiko saling mengontaminasi. 

Maka dari itu, penting untuk menyimpannya secara terpisah dan jangan saling bersentuhan langsung.

"Sebagian besar alat bantu seks memiliki tas kain masing-masing, sehingga dapat disimpan terpisah. Gunakan dan setelah itu simpan lagi di kotak yang lebih besar," imbuh Sparks.

Simak informasi lengkap di halaman selanjutnya.

Cegah bau tak sedap pada vagina agar seks lebih percaya diri, simak tips di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIDAK DIBERSIHKAN ATAU TIDAK DIKERINGKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!