sign up SIGN UP search


moms-life

7 Fakta Gairah Seks pada Wanita & Hal-hal yang Memengaruhinya, Pahami ya Bun

Kinan   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 21:45 WIB
asian chinese couple on bed bonding time in the morning after wake-up Foto: Getty Images/Edwin Tan

Dibandingkan dengan pria, gairah seks pada wanita kerap dianggap lebih sulit dipahami. Salah satunya karena mudah naik dan turun, serta dipengaruhi oleh banyak faktor.

"Pasang surut libido benar dapat terjadi. Semua wanita mengalami periode ketika mereka merasa sangat bergairah, tapi lalu ada kalanya pula gairah seks benar-benar drop," ujar profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Northwestern Memorial Hospital di Chicago, Lauren Streicher, MD.

Menurut Streicher, perubahan ini sangat mungkin terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, ada juga faktor lain yang memengaruhi gairah seks wanita. Apa saja?


Yuk kenali fakta-fakta tentang gairah seks pada wanita dalam ulasan berikut ini:

1. Otak adalah 'organ seks' terbesar

Bukan alat kelamin, organ seks terbesar dalam tubuh manusia yakni otak. Demikian dikutip dari Health.

Pasalnya, otak merupakan bagian di mana keinginan dan kemampuan untuk seks dimulai. Ada beberapa bagian otak yang berkaitan dengan aktivitas seks, di antaranya:

  • Amygdala: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dorongan seks mungkin sebanding dengan ukuran amygdala. Ini merupakan pusat pengaturan emosi di otak, yang berbentuk seperti kacang almond.
  • Hipotalamus: Ketika Bunda mengalami sesuatu yang intens (misalnya seperti berciuman), bagian hipotalamus menghasilkan dopamin, neurotransmitter yang penting untuk rasa kesenangan.
  • Korteks serebral: Lapisan ini bertanggung jawab untuk fungsi yang lebih tinggi, termasuk pemikiran tentang seks. Ini memicu reaksi berantai yang pada akhirnya mengarah pada produksi hormon seks.
Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

2. Libido dapat meningkat seiring bertambahnya usia

Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa ketika kesuburan wanita berkurang di usia 30-an dan 40-an, fantasi seksualnya justru semakin bertambah. Ya, dorongan seks Bunda dapat meningkat secara keseluruhan.

Meski masih membutuhkan studi lebih lanjut, namun diyakini kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan kepercayaan diri.

Sebuah survei tahun 2015 menemukan bahwa sebagian besar wanita yang mengalami peningkatan libido seiring bertambahnya usia, seringnya dipengaruhi oleh citra tubuh yang semakin tinggi juga. 

3. Stres dapat 'membunuh' gairah seks

"Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengalami stres, sebagaimana dibuktikan dengan peningkatan kortisol, memiliki respons yang lebih sedikit terhadap gairah seks," kata Sheryl Kingsberg, PhD, dari University Hospitals Case Medical Center di Cleveland.

Stres adalah salah satu faktor yang dapat menurunkan gairah seks dengan cepat. Maka dari itu, cobalah sebisa mungkin sediakan waktu untuk me time untuk menghindari stres.

Hati-hati Bunda, hindari kebiasaan ini agar performa seks tak menurun ya:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTOR LAIN YANG MEMENGARUHI LIBIDO WANITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!