sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Hancur dan Lengket di Wajan, Sudah Benar Bun?

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 09:20 WIB
EMPAT CARA MENGGORENG AGAR TIDAK HANCUR
Ikan Kembung, Kembung Fish or Mackerel Fish on wooden chopping board. caption

Berikut tips menggoreng ikan tidak hancur dan lengket seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Tentukan jenis wajan

Melansir Foodal, untuk menggoreng ikan filet seperti misalnya tuna, tongkol, dan salmon Bunda bisa memilih wajan yang berat. Lebih disarankan menggunakan wajan berbahan besi atau baja karbon untuk menggoreng, Bunda.

Panaskan di atas api sedang, lalu tambahkan 1-2 sendok minyak zaitun. Kemudian tambahkan minyak makan secukupnya untuk menggoreng.


2. Atur ketebalan ikan

Pada ikan filet, usahakan agar memotongnya dengan ukuran sedang agar bagian dalam cepat matang. Tunggu 4-5 menit per bagian, sebelum Bunda membaliknya sesekali. Goyangkan wajan agar ikan tidak lengket dan tahan agar tidak sering membalik ikan agar tidak hancur saat digoreng.

3. Jangan keseringan membalik ikan

Terlalu sering mencungkil ikan untuk dibalik menyebabkan lapisan luar kulit ikan lepas. Kulit ikan yang terlepas akan membuat lapisan daging ikan di dalamnya jadi mudah hancur saat digoreng.

Selain itu, menggoreng dengan penjepit juga sangat disarankan agar ikan tidak mudah hancur. "Gunakan satu atau dua spatula karet dan logam, bahkan sendok untuk membaliknya," saran Tentori.

4. Balur dengan tepung

Membalur ikan dengan tepung basah akan membantu ikan tetap utuh saat digoreng. Tepung basah akan memudahkan Bunda saat membalik ikan ketika digoreng. Sehingga tidak mudah hancur saat matang.

Gunakan tepung bumbu agar rasa ikan bertambah nikmat. Selamat mencoba!

Biar makin semangat menjalani bulan ramadan, ada HAMPERS spesial nih, dari HaiBunda. Bunda bisa mendapatkan minyak goreng 2 liter, emas 3 gram, smartphone, smart TV, dan masih banyak lagi. Daftar di SINI untuk mendapatkannya!

Simak juga video tips memasak nasi agar tidak mudah lembek berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!