sign up SIGN UP search


moms-life

4 Fakta Gadis Depok Bintitan Tak Kunjung Sembuh, Berujung Operasi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 13:50 WIB
OPERASI
Ilustrasi wanita dirawat di rumah sakit caption

3. Operasi

Pada akhirnya, ia memutuskan untuk melakukan tindakan operasi kecil di rumah sakit. Bintitan itu disebut bisa hilang dengan sendirinya, tetapi dalam kasus yang dialaminya, ini akan memakan waktu yang cukup panjang.

"Sebenarnya masih bisa diobati secara manual dengan cara kompres secara rutin dan pakai salep. Tapi berhubung saya itu tidak kunjung hilang, jadi saya memilih untuk segera ditindak saja," kata dia.

"Lalu saya pergi ke salah satu rumah sakit di daerah Depok," sambungnya.


4. Penyebab

Isma pada akhirnya mengetahui bahwa penyakit yang diidapnya bukan bintitan biasa, Bunda. Ternyata kondisi itu disebut sebagai Kalazion kemungkinan dipicu akibat area mata yang tidak bersih. Bisa terjadi karena paparan debu atau sisa make up yang tertinggal di area mata.

Dikutip dari beragam sumber, kalazion bisa menyerang siapapun. Namun ada beberapa kelompok yang lebih berisiko mengalaminya, yakni dengan kondisi:

1. Pengidap penyakit kulit seperti rosacea atau dermatitis seboroik
2. Blefaritis berkepanjangan
3. Tuberkulosis
4. Diabetes
5. Pernah terkena kalazion

Pascaoperasi, masa pemulihan Isma relatif singkat, yakni kurang dari seminggu. Namun, ia tak menampik proses operasi terasa sakit meski kala itu dirinya dibius.

"Dioperasi kecil, dibius, tapi berasa banget sakitnya. Operasinya luar dalam, pertama disayat di bagian dalam kelopak, berhubung yang keluar nanahnya sedikit, jadi disayat lagi di luar kelopaknya," paparnya.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!