sign up SIGN UP search


moms-life

5 Rekomendasi Posisi Bercinta yang Aman Saat Bunda Hamil Tua

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 01 Jul 2022 22:50 WIB
Portrait of the pregnant woman and young man together indoors caption

Setelah memasuki trimester 3, mungkin Bunda mulai kepayahan dalam beraktivitas, termasuk dalam urusan seks. Bukan berarti tak disarankan bercinta sama sekali, Bunda tetap bisa melakukannya tapi memperhatikan posisi seks hingga frekuensinya.

Kesulitan bergerak hingga kontraksi dini adalah risiko yang mungkin saja terjadi karena posisi seks yang kurang tepat. Salah satu posisi seks yang tak disarankan dilakukan saat sedang hamil tua dan perut sudah sangat besar adalah misionaris.

Mengutip dari Healthline, posisi misionaris bisa menekan aliran darah ke ibu dan bayi, terutama setelah kehamilan 20 minggu. 


“Bagi sebagian besar orang, seks adalah sesuatu yang dilakukan selama kehamilan bahkan hingga saat persalinan," papar Dr. Ina Park, profesor Department of Family and Community Medicine di UCSF sekaligus penulis Strange Bedfellows, dilansir dari Insider.

Posisi seks yang disarankan saat hamil besar

Selama kehamilan, mungkin Bunda merasa tidak nyaman berhubungan seks karena beberapa faktor, di antaranya perubahan hormon, libido yang lebih rendah, dan perut membesar. Nah, bereksperimen dengan posisi seks yang berbeda mungkin dapat mengatasi permasalahan tersebut. 

1. Doggy style tanpa berdiri

Salah satu rekomendasi posisi seks yang aman saat hamil besar adalah doggy style. Untuk meminimalisir kelelahan, lakukan posisi seks doggy style dengan kedua lutut Bunda di tempat tidur dan suami melakukan penetrasi dari belakang. 

Agar lebih nyaman, Bunda bisa mengganjal perut dengan bantal yang empuk dan tipis di bagian bawah. Minta suami melakukan gerakan secara perlahan juga, ya.

2. Woman on top (WOT)

WOT termasuk posisi seks yang aman saat hamil besar. Biarkan suami berbaring telentang dengan lutut lurus atau tertekuk. Kemudian, Bunda duduk di atas Mr. P suami sambil bergerak secara perlahan. Jika ingin lebih nyaman, Bunda bisa sambil bersandar di lutut suami dan bergerak sesuai keinginan. 

Ini akan terasa lebih nyaman karena Bunda yang memegang kendali dan mengukur sendiri kemampuan fisik Bunda untuk berhubungan seks.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips hamil anak perempuan dengan memerhatikan posisi seks.

[Gambas:Video Haibunda]



SPOONING PALING NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!