sign up SIGN UP search


moms-life

Adakah Posisi Seks yang Membuat Vagina Cepat Longgar? Ini Bun Penjelasannya

Arina Yulistara   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 21:50 WIB
ilustrasi vagina Benarkah ada posisi seks yang bisa membuat vagina longgar?/Foto: Getty Images/iStockphoto/Circle Creative Studio

Mengeksplorasi posisi seks yang berbeda-beda memang membawa kenikmatan tersendiri saat berhubungan seks. Tapi, pernahkah merasa khawatir atau bertanya-tanya, apakah benar posisi seks tertentu dapat membuat vagina cepet longgar?

Tenang, Bunda. Jawabannya jelas tidak. Miss V tidak longgar karena berhubungan seks. Vagina memang akan berkurang elestisitasnya, namun ia takkan meregang sampai longgar apalagi berubah bentuk. 

“Anda tidak akan melonggarkan vagina walaupun banyak berhubungan seks bahkan dengan penis atau dildo terbesar. Vagina itu elastis dan memang bisa meregang,” jelas Dr. Nan Wise, terapis seks bersertifikat American Association of Sexuality Educators, Counselors, and Therapists (AASECT), dilansir Romper.


Para ahli percaya ‘longgar’ bukanlah cara tepat untuk menggambarkan vagina. Itu karena vagina memiliki berbagai otot yang bisa mengencang dan mengendur tergantung keadaan. 

"Vagina elastis dan memiliki kemampuan untuk melebar selama berhubungan seks. Namun ukurannya kembali normal setelah seks selesai, tidak akan menyebabkan vagina longgar,” ujar ginekolog yang tak disebutkan namanya, seperti dilansir dari Times of India.

Alasan Bunda bisa merasa vagina longgar setelah berhubungan seks

Vagina memang bisa berubah usai berhubungan intim, dari segi warna, ukuran, bahkan suhu. Ini hal-hal yang terjadi pada vagina, yang mungkin membuat Bunda merasa miss V ‘longgar’ usai berhubungan seks.

1. Bengkak

“Saat berhubungan seks, ada pembengkakan signifikan pada organ luar, termasuk vulva, klitoris, labia, dan vagina itu sendiri,” jelas Wise. 


Setelah berhubungan seks, bengkak akan berkurang. Setelah itu, semuanya kembali ke keadaan normal, Bunda.

2. Merasa nyeri

“Terkadang mungkin merasa sakit atau muncul bercak setelah berhubungan seks. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk iritasi kulit yang disebabkan oleh gesekan atau reaksi alergi,” ujar Dr. Gillian Dean, direktur senior layanan medis di Planned Parenthood Federation of America.

3. Sensitivitas memudar

Mungkin Bunda merasa vagina tidak lagi sensitif setelah berhubungan seks. Ya, itu karena miss V lebih sensitif ketika seks sedang terjadi.

“Wajar jika vagina terasa lebih sensitif dan membesar selama beberapa menit setelah berhubungan seks. Semua peningkatan aliran darah ke area yang membantu meningkatkan sensitivitas dan kesenangan, membutuhkan sedikit waktu untuk kembali ke keadaan non-seksual, ”Dr. Jenn Conti, seorang rekan dokter obgyn.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

FAKTA VAGINA LONGGAR KARENA BERHUBUNGAN SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!