sign up SIGN UP search


moms-life

9 Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga, Lakukan dengan Konsisten Bun!

Arina Yulistara   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 06:30 WIB
Ilustrasi wanita diet atau makan Tips diet sehat tanpa olahraga/Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet yang dibarengi dengan olahraga. Namun, yang satu ini sepertinya jadi kesulitan tersendiri bagi beberapa orang karena berbagai alasan.

Padahal, para ahli selalu menyarankan diet sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga. Latihan fisik juga diperlukan untuk membantu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi serta meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi proses pembakaran lemak.

“Karena metabolisme (saat olahraga) semakin cepat. Tanpa olahraga, metabolisme kemungkinan akan melambat,” jelas Dr. Scott A. Cunneen, direktur bedah metabolik dan bariatrik di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, sekaligus penulis ‘Weight Issues: Getting the Skinny on Weight Loss Surgery’, seperti dilansir dari US News & World Report


Meski demikian, beberapa dari Bunda mungkin bisa mengatur pola makan tapi tidak punya cukup waktu berolahraga. Adakah cara diet sehat tanpa olahraga?

Cara diet tanpa olahraga yang tetap efektif menurunkan berat badan

Berikut cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, seperti dikutip dari buku ‘All About Diet! Berat Badan Ideal, Badan pun Lebih Sehat’ karya Afsheen Aisha.

1. Tingkatkan metabolisme tubuh

Cara terbaik meningkatkan metabolisme tubuh dengan berolahraga. Metabolisme sangat penting untuk meningkatkan pembakaran lemak dan mempengaruhi penurunan berat badan.

Metabolisme yang lambat akan membuat Bunda kesulitan menurunkan berat badan. Selain berolahraga, coba cari cara meningkatkan metabolisme tubuh, seperti makan pedas, mengonsumsi banyak protein, juga rutin mengonsumsi teh hijau.

2. Ubah pola makan

Ubah pola makan untuk mengurangi jumlah lemak yang tersimpan dan menumpuk dalam tubuh. Coba terapkan pula porsi yang lebih sedikit.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur membuat hormon yang memicu rasa lapar terganggu. Hal ini bisa meningkatkan nafsu makan sehingga Bunda mengonsumsi makanan berlebihan. 

Jika ingin diet tanpa olahraga setidaknya perhatikan lah rutinitas tidur. Pastikan tidur sekitar 7 sampai 8 jam setiap hari. Tidur yang cukup bisa mengurangi stres. Ingat, stres bisa mengganggu sistem kerja tubuh dan membuat Bunda secara tak sadar makan berlebihan.

4. Perbanyak minum air putih

Penelitian menemukan bahwa rutin minum air putih bisa membuang racun dalam tubuh dan lemak berlebih. Ini juga bisa meningkatkan pencernaan dan metabolisme tubuh. 

Disarankan mengonsumsi air putih sebelum makan. Hal ini bisa membuat rasa lapar berkurang dan menghindari dehidrasi.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

HINDARI MAKANAN INI JIKA INGIN DIET SEHAT TANPA OLAHRAGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!