sign up SIGN UP search

moms-life

9 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Bunda

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 27 May 2023 14:35 WIB
Ilustrasi Jus Semangka 9 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Bunda/Foto: Getty Images/iStockphoto/Nirunya Juntoomma
Jakarta -

Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan saat dikonsumsi, buah semangka memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui banyak orang. Buah ini ternyata berkontribusi juga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, lho, Bunda.

Semangka adalah buah yang kaya air dengan banyak nutrisi bermanfaat. Buah berair yang sangat lezat ini kaya akan potasium dan vitamin A, C, dan B.

Semua nutrisi tersebut kontribusi pada kulit yang tampak sehat. Terlepas dari nutrisinya, semangka juga merupakan sumber antioksidan yang hebat seperti lycopene dan beta-karoten yang membantu melawan kulit kusam dan kendor, serta mencegah sengatan matahari dan masalah kulit lainnya.


Banner Buku Anak

Lantaran semangka adalah 93 persen air, buah ini merupakan sumber hidrasi yang bagus dan sangat cocok untuk jenis kulit berminyak, Bunda. Nah, masih banyak manfaat lainnya dari buah semangka yang bisa Bunda dapatkan, lho.

9 Manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan

Selain bermanfaat untuk kulit, kandungan nutrisi dalam semangka juga dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah semangka yang bisa Bunda dapatkan.

1. Membantu tetap terhidrasi

Makan makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka dapat membantu memberikan tubuh Bunda air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Dalam hal ini, semangka adalah pilihan yang tepat untuk tambahan asupan air harian, Bunda.

2. Memiliki efek anti kanker

Beberapa senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam semangka, termasuk lycopene dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek anti kanker.

Lycopene diyakini bekerja dengan menurunkan kadar faktor pertumbuhan mirip insulin dalam darah, hormon yang mendorong pembelahan sel. Khususnya kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali.

Sementara itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mempromosikan autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses di mana tubuh menghilangkan sel-sel yang rusak.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Melansir dari laman Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Bunda. Oksida nitrat membantu pembuluh darah melebar, yang menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Kombinasi antara antioksidan, lycopene, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Sebagai antioksidan, lycopene juga dapat menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer. Akan tetapi, diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut untuk manfaat yang satu ini, Bunda.

5. Meningkatkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Keduanya dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat. Serat dapat membantu menjaga usus Bunda tetap teratur, sementara air memindahkan limbah melalui saluran pencernaan dengan lebih efisien.

Sebuah survei yang dilakukan pada 4.561 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang kekurangan cairan dan asupan serat rendah lebih mungkin mengalami konstipasi. Meski begitu, faktor-faktor lain mungkin telah memainkan peran.

6. Mengencangkan kulit

Semangka kaya akan antioksidan, lycopene, dan vitamin C yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan elastisitas kulit.

Vitamin C meningkatkan kolagen, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan serta membuat kulit terlihat lebih kencang dan bercahaya. Vitaminnya juga bisa mencerahkan kulit kusam.

7. Eksfoliator alami

Buah yang satu ini juga kaya akan asam malat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Partikel kasar dalam buah dengan lembut bisa mengelupaskan kulit bersamaan dengan menambahkan hidrasi sehingga memberikan kulit yang lebih halus dan bercahaya.

8. Membantu mengobati jerawat

Tingginya vitamin C dan asam nitrat dalam semangka juga bisa membantu memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-peradangannya mampu mengurangi kemerahan dan peradangan, membuatnya menjadi penghilang jerawat yang luar biasa, Bunda.

9. Mencegah asma

Menjadi salah satu antioksidan utama, lycopene membantu reaksi tubuh terhadap pilek dan flu, dan yang lebih menariknya lagi adalah antioksidan ini telah ditemukan untuk mengurangi serangan asma pada anak-anak, Bunda.

Semangka juga memungkinkan penderita asma untuk bernapas dengan benar, tanpa mereka perlu mengambil napas dengan panik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 17 orang dewasa penderita asma menunjukkan bahwa lycopene mungkin memiliki efek terapeutik pada penyakit tersebut.

Lebih lanjut, asupan lycopene dan vitamin A yang cukup dapat bermanfaat bagi penderita penyakit asma.

Nah, itulah beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Bunda dapatkan ketika mengonsumsinya. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video manfaat buah jeruk untuk ibu menyusui yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!