nutrisi

Trik agar Anak Mau Makan Ikan

Siti Hafadzoh Minggu, 04 Nov 2018 - 13.05 WIB
Ilustrasi anak makan ikan/ Foto: iStock Ilustrasi anak makan ikan/ Foto: iStock
Jakarta - Kalau anak makannya lahap dan suka semua jenis makanan, Bunda pasti senang deh. Tapi, kalau anak pilih-pilih makanan, Bunda jadi pusing kan? Apalagi anak yang nggak suka makan ikan. Biasanya, anak nggak suka ikan karena banyak durinya atau karena baunya yang amis.

Menurut ahli gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS SpGK(K), sebenarnya, Bunda bisa mengakali agar anak tetap makan ikan. Kata dr Ida, anak biasanya fokus pada tampilan makanan, bukan rasanya. Jadi kalau sudah lihat makanan bentuknya ikan, anak jadi nggak mau makan karena sudah terbayang dengan duri dan bau amisnya.

"Jangan kelihatan bentuk ikan dan bentuk kawan-kawannya. Kalau dia lihat bentuknya, dia langsung nolak. Ibunya harus bikin supaya tidak ada bentuk ikan itu," ujar dr Ida.



Ketika anak nggak mau makan ikan, Bunda dituntut untu kreatif. Bagaimana supaya anak mau makan ikan tanpa dia sadar bahwa itu adalah ikan. Caranya beragam, Bun. Bisa dengan membentuknya menjadi nugget. Umumnya anak-anak kan sangat suka makan nugget ya, Bun. Atau, ikan bisa juga dikreasikan menjadi dimsum.

Ilustrasi anak makan ikanIlustrasi anak makan ikan/ Foto: iStock
Untuk menyamarkan bau amisnya, Bunda bisa mencampur ikan dengan berbagai bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Kalau anak benar-benar nggak suka bau amis ikan yang menyengat, Bunda bisa mulai mengenalkan ikan air tawar seperti lele, gurame, dan ikan nila yang bau amisnya lebih rendah.

Makan merupakan kebiasaan yang tertanam sejak dini. Makanya, Bunda perlu mengenalkan beragam makanan, termasuk ikan sejak anak mulai belajar makan. Ketika anak beranjak besar dan menolak makan ikan, jangan menyerah ya, Bun. Coba ikuti saran dr Ida supaya anak mau makan ikan karena protein yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi tumbuh kembang anak.


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi