parenting

Pola Asuh Orang Tua di Prancis yang Menarik untuk Disimak

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 13 Jul 2018 15:56 WIB
Pola Asuh Orang Tua di Prancis yang Menarik untuk Disimak
Jakarta - Prancis sedang jadi perbincangan hangat mengingat di Minggu malam nanti akan menghadapi Kroasia untuk memperebutkan gelar juara di ajang Piala Dunia 2018. Membicarakan Prancis, selain menara Eiffel dan sisi romantis kota Paris, ada juga lho hal menarik yang layak disimak Bunda dan Ayah: pola asuh yang diterapkan orang tua di sana.

Seorang ibu yang juga penulis 'Bringing up Bebe: One American Mother Discovers the Wisdom of French Parenting', Pamela Druckerman menjelaskan hasil observasinya terhadap pola asuh orang tua di Prancis. Sebelum pindah ke Prancis, Pamela tinggal di Amerika, Bun. Nah, suatu hari ada kejadian yang menarik perhatiannya untuk mengamati lebih lanjut pola asuh orang tua di Prancis.

"Saat itu saya sedang makan di luar bersama suami dan anak saya yang kala itu berumur 18 bulan. Anak saya menolak berbagai makanan kecuali pasta dan roti. Saya melihat ke sekitar dan menyadari keluarga di sekeliling kami memiliki kebiasaan yang berbeda. Anak-anak duduk di kursinya, menikmati makanannya, makan sayur, ikan, dan semua makanan yang tersaji. Kemudian, mereka juga ngobrol dengan asyiknya bersama orang tuanya," tutur Pamela kepada National Public Radio.


Ilustarsi pengasuhan orang tua di PerancisIlustarsi pengasuhan orang tua di Perancis Foto: thinkstock


Sejak itu, karena kebetulan Pamela juga sudah tinggal di Prancis, dia pun mengamati gimana pola asuh para orang tua di sana dan menulis sebuah buku. Nah, ini dia, Bun, pola asuh orang tua di Prancis yang menarik untuk diketahui:

1. Anak-anak di Prancis Belajar 4 Kata Ajaib

Di Prancis, penting banget buat anak-anak mengucapkan empat kata ajaib yaitu halo, terima kasih, selamat tinggal, dan tolong. Kenapa halo jadi salah satu kata ajaib yang diajarkan ke anak-anak? Pamela bilang sapaan halo yang diucapkan anak-anak menunjukkan keberadaan mereka, Bun. Jadi, ketika anak di Prancis pergi dengan orang tuanya dan bertemu seseorang, dengan mereka bilang halo, orang lain akan ngeh dengan keberadaannya.

"Nggak cuma itu. Anak-anak di Prancis juga diajarkan bagaimana bertingkah sopan di depan orang lain setelah mereka mengucapkan halo. Ya, mereka juga senang sekali ketika melakukan obrolan dengan kita dengan adanya kontak mata," kata Pamela.

2. Sayuran Jadi Makanan Utama Anak-anak di Prancis

Dalam buku 'French Kids Eat Everything' disebutkan anak-anak sudah dilatih suka makan sayur sejak dini. Kemudian, orang tua menerapkan trik menyajikan sayuran di awal jam makan. Jadi, sebelum anak makan makanan utama, mereka menyantap sayuran lebih dulu, Bun. Para orang tua yakin dengan memberi sayuran dalam kondisi anak sedang lapar itu memperbesar peluang mereka makan sayur.

3. Nggak Banyak Gaya Rambut Anak-anak Perancis

Berdasarkan buku 'Say Bonjour to the Lady: Parenting From Paris to New York' orang tua di Prancis cenderung menggunakan satu gaya rambut untuk anak-anaknya yaitu bob klasik.



4. Menerapkan 'The Pause' Saat Anak Tidur

Ketika anak-anak tidur di malam hari, ada prinsip 'the pause' yang diterapkan orang tua. Apa itu? Pamela bilang ini adalah teknik orang tua untuk menunda menenangkan anak-anak balita yang terbangun di malam hari selama beberapa menit. Tujuannya supaya anak terbiasa menenangkan diri mereka saat terbangun di tengah waktu tidur. Jika anak tak kunjung tenang maka orang tua yang akan menenangkan mereka.

Ilustrasi pola asuh orang tua di PerancisIlustrasi pola asuh orang tua di Perancis Foto: Thinkstock


5. Diberi Tanggung Jawab di Usia Dini

Huffingotn Post melaporkan anak-anak di Prancis sudah boleh jalan sendiri ke sekolah di umur 7 tahun. Mereka juga udah bisa menggunakan transportasi publik sendirian di umur 11 tahun.

6. Orang Tua Tak Pakai Makanan Sebagai Hadiah atau Hukuman

Orang tua di Prancis nggak pernah menggunakan makanan sebagai sogokan, hadiah, atau hukuman. Misalnya ketika anak nggak mau melakukan sesuatu dia disogok dengan permen. Tujuannya supaya terjalin hubungan emosional yang sehat antara si anak dengan makanan itu, Bun.

7. Orang Tua Nggak Baca Banyak Buku Parenting

Berdasarkan laporan Today, buku parenting jarang dikonsumsi para orang tua. Ya, karena dalam urusan mengasuh anak mereka lebih banyak menggunakan insting dan kultur lain yang ada di keluarganya.

8. Orang Tua Konsisten dengan Kata 'Tidak'

Orang tua di Prancis umumnya konsisten ketika mereka mengatakan tidak. Ya, mereka bukan tipe orang tua yang setelah mengatakan tidak lalu anak merengek lantas mengubah keputusannya dari 'tidak' menjadi 'iya'. Berangkat dari pemikiran filsuf Prancis Jean-Jacques Rousseau yakni ketika orang tua konsisten dengan kata 'tidak' yang mereka katakan anak bisa belajar sabar, tenang, dan menerima bahwa nggak semua sesuatu bisa dia dapatkan.



(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi